Bahtiar, Wahyu (2011) Analisis Bauran Promosi terhadap keputusan pembelian Produk Indosatm2: Survey pada pelanggan IndosatM2 di Galeri Indosat cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Internet merupakan salah satu dari beberapa perkembangan dari teknologi dan informasi yang beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan yang pesat. Banyaknya perusahaan yang memasuki dan ikut berkompetisi dalam usaha ini sehingga membuat persaingan semakin ketat. Salah satu unsur terpenting dalam suatu perusahaan untuk menarik konsumen adalah dengan promosi karena promosi merupakan kegiatan mengkomunikasikan pesan yang dapat menimbulkan dorongan seseorang untuk melakukan keputusan pembelian. Konsep yang sering digunakan untuk mengkomunikasikan pesan adalah bauran promosi. Bauran promosi merupakan kombinasi dari alat promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publikasi, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung. Namun promosi saja tidak cukup tanpa disertai nilai-nilai promosi yang baik, salah satu nilai promosi Islam adalah nilai kejujuran. Dengan nilai kejujuran, kegiatan promosi dapat dipertanggungjawabkan nilai keakuratan informasinya.
Penelitian ini dilakukan di Galeri Indosat Cabang Malang dengan menggunakan pendekatan survey pada pelanggan IndosatM2. Karena jumlah sampel tak terbatas, maka untuk mencari sampel tersebut menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Suharyadi dan Purwanto sehingga diperoleh sampel sebesar 96. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuatitatif dengan analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Sebelum melakukan regresi linier berganda, perlu dilakukan beberapa pengujian termasuk uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik (multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan normalitas) sehingga data yang dihasilkan tidak bias.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan pribadi, dan promosi Islam yaitu kejujuran secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk IndosatM2. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji F dan uji t di mana uji F diperoleh Fhitung > Ftabel dan juga uji t diperoleh thitung > ttabel. Secara dominan hanya satu variabel bebas saja yaitu publisitas (23,7%). Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel bebas yang diteliti mampu menjelaskan 38,8% terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya 61,2% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, publikasi, penjualan pribadi) dan promosi Islam (kejujuran) memiliki peranan yang sama penting untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.
ABSTRACT
Internet is one of several developments of technology and information in some last recent years has made progress. The big number of companies which were entering and competing in this business make the competition tighter. One of the most important element in a company to persuade customers is by promotion because promotion is an activity to communicate the message that can lead someone to make a purchase decision. The concept which is often used to communicate the message is the mix promotion. Mix promotion is a combination of promotional tools which consist of advertising, sales promotion, publicity, personal selling and direct marketing. However, promotion is not enough without the values of good promotion, one of the promotion of Islamic values is the value of honesty. With the value of honesty, the promotional activity can be justified for the value of the accuracy of the information.
This research was conducted in Galeri Indosat Malang Branch which used survey approach to the IndosatM2 customers. Because the number of the sample was unlimited, so that to look for these samples, the formula proposed by Suharyadi and Purwanto is used, so it was got the sample of 96. This research method used a quantitatif research with data analysis using multiple linear regression method. Before performing the multiple linear regression, it need to be done some tests, including validity test, reliability test, and classical assumption test (multicollinearity, heteroscedasticity, and normality), so that the resulting data were not biased.
The results of this study indicated that the mix promotion consisted of advertising, sales promotion, publicity, personal selling, and promotion of Islam that is honesty are simultaneously significant gave effect on purchasing decisions of IndosatM2 products. It is shown from the calculation of F test and t test where the F test is obtained Fcount > Ftable and t test also obtained tcount > ttable. Dominantly, the independent variable is only one, that is publicity (23.7%). The coefficient of determination (R2) shows that the studied independent variables can explain 38.8% the purchase decision variables while the remaining 61.2% are influenced by other independent variables which are not included in this study. So, it can be concluded that the mix promotion (advertising, sales promotion, publicity, personal selling) and the promotion of Islam (honesty) has an equal important role to influence the consumers in making purchase decisions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Machfudz, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Periklanan; Promosi Penjualan; Publisitas; Penjualan Pribadi; Kejujuran; Keputusan Pembelian; Advertising; Sales Promotion; Publicity; Personal Sales; Honesty; Purchase Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:42 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45314 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |