Setiadi, Akhmad (2006) Metode pembelajaran kecerdasan spiritual jamaah Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah: Studi kasus di Pondok Pesantren Mifahul Huda Gading Kasri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02110073.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (927kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Era globalisasi dan kemajuan peradaban manusia sekarang ini, dengan intelektual dan skill-kemampuan yang terasah, ilmu pengetahuan yang semakin canggih ternyata belum berhasil mengangkat kehidupan manusia secara hakiki. Yang terjadi justeru kegelisahan dan kerusakan, mengkikis kesadaran manusia terhadap nilai-nilai spiritual yang suci dan transenden, serta menyebabkan manusia hanya mengejar kepentingan sesaat yang bersifat duniawi saja. Ketika kegelisahan dan kegersangan jiwa menghinggapi masyarakat, keterasingan dari diri, kehidupan dan Tuhan semakin terasa, barulah mereka sadar dan berbondong-bondong mencari terapi pengobatannya. Fenomena ini akan nampak terlihat di masyarakat perkotaan yang senantiasa bergelut dengan keras dan ketatnya persaingan hidup sehari-hari. Kesadaran batin/kecerdasan spiritual menjadi sesuatu yang sangat penting dan berharga mahal bagi mereka. Dzikir yang akhir-akhir ini sering digunakan untuk membangkitkan dan meningkatkan kecerdasan spiritual, ternyata sudah sejak lama dipraktikan di Jamaah Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah, salah satunya yang berada di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Kasri Malang. Dengan tujuan mengetahui pembelajaran kecerdasan spiritual, metode pembelajaran kecerdasan spiritual yang digunakan, efektifitas metode yang dipakai serta hambatan-hambatan yang dialami selama pembelajaran kecerdasan spiritual di jamaah thoriqoh ini, maka penulis sebagai peneliti turun kelapangan secara langsung.
Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, studi kasus ini mulai diteliti secara intensif mulai bulan Maret sampai bulan Juni 2006, bertempat di Pondok Pesantren Miftahul Huda, jalan Gading Pesanteren no. 38 Malang, telp. (0341) 582174. Hipotesis penulis/peneliti adalah kegiatan-kegiatan thoriqoh dengan metode-metode yang digunakannya cukup efektif untuk meningkatkan kecerdasan spiritual jamaah dan masyarakat.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran di Jamaah Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah PPMH mengarah pada penyadaran dan peningkatan kecerdasan spiritual, dengan metode pembelajaran yang sederhana (Ceramah, Vincentitus/Metode Kecil, Penemuan, Kontemplasi dan Pengulangan) ternyata efektif untuk membangkitkan spiritualitas. Walaupun masih terdapat hambatan, namun kontribusi dari Thoriqoh ini terhadap peningkatan kecerdasan spiritual cukup bernilai bagi para jamaah dan masyarakat pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode; Kecerdasan Spiritual dan Thoriqoh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 15:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45313 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |