Sukrialdi, Sukrialdi (2009) Upaya Guru Agama dalam memotivasi pengembangan prestasi anak didik di Sekolah Dasar Negeri 3 Karangbesuki Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
04110208.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan belajar sangat dipengaruhi oleh motivasi. Dalam proses mengajar merupakan kegiatan pokok atau mutlak disekolah, karena melalui proses tersebut akan mencapai tujuan pendidikan, dalam upaya mebentuk perubahan tingkah laku dan pengembangan prestasi anak didik. Banyak anak didik yang tidak berkembang kerena tidak diperoleh motivasi yang tepat. Motivasi adalah kondisi- kondisi atau keadaan yang mengaktifkanatau memberi dorongan kepada makhlu- makhluk untuk bertingkah laku mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh motivasi- motivasi tersebut. Dalam menghadapi berbagai permasalahan tersebut maka tugas seorang guru sebagai motivator dalam kegiatan mengajar yang mempunyai tanggung jawab sangat penting dalam menuntaskan kesulitan belajar. Motivasi dibagi menjadi dua 2 yaitu motivasi intirnsik (motivasi yang berada dalam dari dalam diri anak) dan motivasi ikstrinsik (motivasi yang berasal dari luar diri anak). Yang termasuk motivasi intirnsik adalah adanya kebutuhan, adanya pengetahuan tentang kemajuannya sendiri dan adanya aspirasi atau cita-cita. Sedangkan yang dimaksud motivasi ikstrinsik adalah pujian, hukuman, hadiah, penghormatan, dan lain-lain.
Tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah Bagaimana upaya guru agama dalam memotivasi pengembangkan prestasi anak didik di SDN 3 Karangbesuki. Bagaimana upaya guru agama mengetahui pengembangan prestasi belajar anak didik di SDN 3 Karangbesuki, Apakah faktor pendukung dan penghambat guru agama dalam pengembangan prestasi anak didik di SDN 3 Karangbesuki.
Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, dan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dekumentasi. Sedangkan untuk analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi guru agama dalam meningkatkan kualitas untuk belajar anak didik di SDN 3 Karangbesuki sebagian besar karena faktor lingkungan sekolah yaitu sarana media untuk mengajar kurang mendukung, faktor keluarga yaitu lemahnya ekonomi, kurangnya pengawasan orang tua, ketidak harmonisan keluarga.
Dalam hal mengatasi hal tersebut guru berupa memberikan berbagai bentuk motivasi, bimbingan, dorongan belajar. Dengan memberikan hadiah, pujian, ulangan, kompetisi dan lain-lain. Hasil prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar, setelah diberikan motivasi tersebut mengalami peningkatan 65%. Jadi motivasi yang diberikan oleh seseorang guru sangat baik untuk perkembangan prestasi dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Perkembangan; Prestasi Belajar; Upaya Guru Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45312 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |