Rizani, Ahmad (2009) Problematika Pendidikan Akhlak dan upaya mengatasinya di Madrasah Aliyah Roudlotul Ulum Desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110206.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (899kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Problematika dalam pendidikan akhlak di MA Roudlotul Ulum Mojoduwur; (2) Tindakan yang ditempuh sekolah (guru) untuk mengatasi problematika pendidikan akhlak di MA Roudlotul Ulum Mojoduwur; (3) Peran guru bidang studi Akidah Akhlak dalam pendidikan akhlak di MA Roudlotul Ulum Mojoduwur.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan berperan serta (observasi), metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan akhlak di MA Roudlotul Ulum Mojoduwur telah diupayakan secara optimal, namun dalam proses hasil pendidikan akhlak belum tercapai secara maksimal. Hal ini terlihat dengan munculnya berbagai problematika diantaranya adalah problematika yang dihadapi oleh madrasah (guru) meliputi : kurangnya sopan santun pada diri siswa, masih adanya siswa yang kurang disiplin, kurang adanya kekompakan di antara para guru, masih terbatasnya sarana dan prasarana madrasah, adanya kecenderungan orang tua siswa menyerahkan sepenuhnya pendidikan akhlak anaknya kepada madrasah (guru). Problematika yang dihadapi oleh siswa meliputi : metode pendidikan akhlak yang kurang menyenangkan, keteladanan dari para guru dan warga masyarakat madrasah masih kurang, pengaruh teman yang kurang baik akhlaknya.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika tersebut adalah upaya yang dapat dilakukan oleh madrasah (guru) yaitu: berusaha semaksimal mungkin dengan memperbaiki proses pembelajaran dengan memberikan pengertian terhadap siswa baik dari sisi materi pendidikan maupun sisi keteladanan, mensosialisasikan arti disiplin dan pentingnya mematuhi peraturan madrasah baik di dalam kelas maupun di luar serta memberikan sangsi berupa kredit point bagi siswa yang melanggarnya, menjalin kekompakkan di antara para guru yaitu dengan diadakannya rapat koordinasi di antara para guru di bawah koordinasi kepala madrasah, mengupayakan untuk melengkapi sarana dan prasarana madrasah, melakukan koordinasi dan menyamakan visi dalam pendidikan akhlak antara sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh siswa MA Roudlotul Ulum Mojoduwur yaitu : siswa masih bersikap pasif.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika Pendidikan Akhlak; Upaya Mengatasi; Madrasah Aliyah Roudlotul Ulum | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45308 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |