Mufidah, Zahrotul (2010) Peningkatan Moral Keagamaan siswa Kelas VIII melalui kegiatan Ekstrakurikuler IMTAQ (Iman dan Taqwa) di SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (875kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Upaya meningkatkan moral keagamaan siswa pada hakikatnya tidak sekedar mengarahkan peserta didik pada aspek kognitif saja, akan tetapi pada aspek afektif dan juga aspek psiko,motoriknya. Berkenaan dengan meningkatnya moral keagamaan siswa, kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ merupakan salah satu kegiatan yang sangat mendukung untuk memberikan materi keagamaan yang akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sehingga akan meningkatkan moral keagamaan siswa. Berdasar pada informasi dan persoalan ini, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mempunyai tujuan dilakukanya penelitian ini, diantaranya adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ di SMP Negeri 13 Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data- data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ketempat lokasi secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan dokumentasi yang lengkap dan penguat data penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasanya peningkatan moral keagamaan siswa kelas VIII melalui kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ di SMP Negeri 13 Malang dapat dikatakan baik, artinya apa yang direncanakan dan dilaksanakanya sudah sesuia dan sudah dapat berjalan dengan baik. Sehingga hasil dari evaluasinya adalah dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sehingga akan menjadikan moral keagamaan yang luhur. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang telah mengaplikasikan moral keagamaan yang baik dalam kehidupan sehari- hari, khususnya di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhudi, Muhammad Mujab | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Moral Keagamaan Siswa; Kegiatan Ekstrakurikuler | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45303 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |