Kurniawati, Aisyah Wardahlia (2009) Pendidikan nilai berbasis Islam: Proses penanaman Budi Pekerti dalam bingkai Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110202.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari hidup dan kehidupan manusia, karena pendidikan sendiri adalah media dalam membina kepribadian dan mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Pemahaman akan sifat-sifat, karakter dan potensi yang ada pada manusia merupakan salah satu upaya pendidikan dalam membentuk kepribadian manusia. Landasan utama untuk mewujudkan pendidikan yang mampu menghasilkan manusia yang berkualitas, haruslah disandarkan pada nilai-nilai yang hakiki, yang bersumber dari Dzat yang Mahahakiki (nilai ketuhanan) dan nilai kemanusiaan (fitrah yang hanif).
Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini bertujuan mengupas landasan konsep tentang pendidikan nilai akhlak sebagai pendidikan yang berupaya memanusiakan manusia, secara umum maupun perspektif Islam dan implementasinya dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, ada beberpa pendekatan yang digunakan penulis, yaitu metode pembahasan yang meliputi metode deduktif, metode induktif, metode komparasi, dan deskriptif. sedangkan yang kedua menggunakan studi pustaka (library research), yaitu dengan menghimpun informasi dari bahan bacaan, buku-buku, majalah, seminar dan sumber lainnya yang relevan dengan pokok bahasan, setelah itu dipelajari dan diteliti secara cermat kemudian data-dat tersebut digeneralisasi serta dipilah-pilah berdasarkan kesesuaian dengan tema kajian, lalu data yang diperoleh dari hasil pemilahan tersebut, dianalisis secara mendalam dengan metode analisi Islam (content analysis).
Berdasarkan hasil dari analisis penulis bahwa konsep pendidikan nilai akhlak merupakan konsep pendidikan yang berangkat dari adanya asumsi bahwa manusia saat ini sedang mengalami degradasi moral yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas manusia, khususnya dari segi moralitas. Dalam pendidikan nilai akhlak, pendidik dituntut untuk senantiasa menjadi tauladan bagi peserta didik serta menanamkan nilai-nilai akhlak atau nilai-nilai budi pekerti baik dari sisi kognitif, afektif dan psikomotorik. Pendidikan nilai akhlak secara langsung mengajak peserta didik untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan bimbingan dari pendidik (problem possing education).
Islam sebagai agama yang mengajarkan keseimbangan hubungan horizontal (manusia- Tuhan) dan hubungan vertical (manusia-manusia) menjadikannya basis dalam pendidikan nilai akhlak. Keseimbangan itu merupakan landasan dalam menjaga hubungan dengan Tuhan yang di implementasikan dengan berakhlakul karimah, mempunyai budi pekerti yang baik dan terpuji. Implementasi dari konsep pendidikan nilai akhlak pada proses penanamannya adalah pengintegrasian antara materi dan metodologi yang dituangkan dalam pembelajaran nilai akhlak yang menyeluruh baik kognitif, afektif maupun psikomotorik serta suasana pembelajaran yang mendukung untuk proses penanaman nilai akhlak atau nilai budi pekerti. Sehingga peserta didik dapat bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan degradasi akhlak, moral manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan nilai; Nilai-nilai akhlak dalam Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:06 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45301 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |