Istiqomah, Erlin (2006) Inovasi pendidikan: Pelaksanaan administrasi sebagai peningkatan kualitas pendidikan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01110267.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (413kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini membahas masalah yang berkaitan dengan Inovasi (Pembaharuan) Administrasi pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan tentunya pendidikan berkualitas tersebut adalah hasil dari administrasi pendidikan yang terinovasi dengan baik.Beberapa cara telah dilakukan untuk menghasilkan pendidikan berkualitas yaitu ; Kreatif, mempunyai kompetensi dan berdaya saing tinggi. Oleh karena itu tidak boleh dalam situasi "kemandegan" begitu saja.pendidikan harus bergerak secara dinamis, pendidikan harus sesuai dengan tuntutan zaman yang selalu mengalami perkembangan dan pembaharuan mengikuti irama perkembangan masyarakat.
Tujuan Inovasi Pendidikan adalah untuk meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektifitas. Dengan demikian diharapkan proses belajar mengajar disekolah yang berkualitas yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Mengingat masalah yang berkaitan dengan pembaharuan pendidikan ini sangat kompleks, maka pembahasan skripsi ini hanya berfokus pada inovasi Pelaksanaan Administrasi pendidikan sekolah, karena menurut penulis administrasi pendidikan sekolah sangatlah besar peranannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan karena segala kompetensi siswa tanpa digerakkan atau dikembangkan melalui administrasi sekolah maka hasilnya tidak akan maksimal.
Obyek penelitian skripsi ini SMP Negeri 1 Jetis ponorogo dengan tujuan untuk mengetahui Inovasi administrasi pendidikan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo dan upayanya untuk Peningkatan kualitas Pendidikan.untuk mencapai tujuan tersebut, dalam mengungkap dan menggali data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif' sedang dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu teknik observasi, Interview, dan Dokumentasi.
Adapun mengenai analisa data, dalam skripsi ini penulis menggunakan analisis deskriptif, yaitu metode pengolahan data dengan cara sebagai berikut: Setelah data terkumpul selanjutnya di definisikan serta dikategorikan kemudian dijabarkan berdasarkan logika dengan tidak melupakan hasil dari pengamatan dan interview dalam mengambil kesimpulan.
Akan tetapi inovasi jangan diartikan sebagai pengembangan saja, namun hendaknya diartikan sebagai usaha mengganti yang jelek menjadi baik dan ketika akan mengadakan inovasi hendaknya diadakan sebuah Planning, organizing, controlling, actuating, mempunyai visi kedepan yang jelas serta harus memperhatikan dampak positif dan negative bagi seluruh komponen pendidikan. Selanjutnya SMP yang harus selalu mengadakan analisa baik sebelum maupun sesudah mengadakan Inovasi supaya inovasi tersebut lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Suprayogo, Imam | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Inovasi Administrasi; Pendidikan Berkualitas | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45292 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |