Iflahah, Adriana (2006) Pengaruh Film Kartun Nickelodeon terhadap pengembangan pendidikan Budi Pekerti. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01110207.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Para pendidik dan orang tua tidak dapat mengingkari begitu kuat pengaruh media komunikasi khususnya media audio visual terhadap anak didik. Daya tarik yang begitu kuat dari media audio visual bagi anak-anak tak lepas dari karakteristik media ini yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media cetak maupun media dengar, sehingga anak-anak sangat menyukainya. Saat ini semakin banyak pembuat program yang sadar betul dengan daya pikat media audio visual bagi anak-anak. Contohnya film-film anak yang di produksi oleh perusahaan Nickelodeon yang saat ini sangat digemari oleh anak-anak usia balita sampai pra remaja. Program acara Nickelodeon meliputi the wild thornberrys, Hey Arnold, Clakzone, Rugrat, dan lain- lain. berdasarkan uraian di atas hal tersebut merupakan kajian yang menarik untuk diteliti, mengenai film kartun anak yang disukai oleh anak-anak, apakah materi pendidikan yang disampaikan dapat mengembangkan wawasan mereka, khususnya wawasan mereka tentang budi pekerti.
Dari permasalahan di atas maka rumusan masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh film kartun nickelodeon terhadap pengembangan pendidikan budi pekerti.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauhmana film kartun nickelodeon berpengaruh terhadap pengembangan pendidikan budi pekerti.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda dengan variabel bebas adalah film kartun nickelodeon sebagai media hiburan dan media pembelajaran pendidikan budi pekerti. Sedangkan variabel terikatnya adalah pengembangan pendidikan budi pekerti. dengan sampel sebanyak 75. diharapkan dengan sample tersebut, penelitian dapat dikelola dengan baik dan jumlah ini cukup repersentatif untuk penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis film kartun nickelodeon mempunyai pengaruh terhadap pengembangan pendidikan budi pekerti, dengan tingkat signifikansi 0,000 dan hasil nilai F-hitung sebesar 131.722 > F-tabel (0.05) dengan derajat bebas (db1 =2 dan db2 = 72) sebesar 2.17. Hal ini menunjukkan bahwa film kartun nickelodeon berpengaruh terhadap pengembangan pendidikan budi pekerti anak SD Islam Tompokersan Lumajang. Besar pengaruh film kartun nickelodeon sebagai media hiburan dan pendidikan sebesar 78,5 % (R Square) sedangkan sisanya pengembangan pendidikan budi pekerti disebabkan oleh faktor-faktor yang lain.
Saran dan hasil penelitian adalah dengan memberikan porsi yang cukup dalam menonton televisi, dan mendampingi mereka agar mendapatkan pengaruh secara maksimal, karena jika anak didampingi oleh seorang fasilitator yang dapat dijadikan sebagai tempat bertanya dan memberikan pengarahan dalam melaksanakan diskusi pantas dan patut ditiru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Film Kartun Nickelodeon; Pendidikan Budi Pekerti | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45289 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |