Jannah, Miftahul (2010) Penggunaan Remedial Teaching sebagai upaya ketuntasan belajar siswa Kelas X-F pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Kota Probolinggo 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam usaha Menuntaskan belajar siswa yang dikhususkan bagi siswa yang mengalami ketidaktuntasan atau yang memerlukan bantuan dalam mempelajari suatu pelajaran Agama. Madrasah Aliyah Negeri kota probolinggo 2 sebagai lembaga pendidikan yang memiliki ketuntasan belajar di atas rata-rata kriteria ketuntasan tetap ingin meningkatkan kualitas keilmuan, mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang merupakan unsur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memberikan pendidikan kepada siswa supaya memahami isi dari Al-Qur’an dan Hadits dan penerapan nilai-nilai dalam kehidupannya, untuk mencapai tujuan dari pengajaran Al-Qur’an Hadits tersebut maka setiap guru selalu berusaha mengupayakan agar siswa-siswinya dapat mencapai ketuntasan belajar khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dari pencapaian nilai secara maksimal dapat menjadi tolok ukur keberhasilan seorang pendidik agar siswa mampu mengamalkan isi kandungan dari Al-Qur’an dan Hadits sebagai petunjuk dalam kehidupannya sehari. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pihak kurikulum adalah menggunakan remedial teaching sebagai upaya menuntaskan belajar siswa. Remedial teaching merupakan layanan pendidikan yang diberikan kepada siswa untuk memperbaiki cara belajarnya sehingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengambil judul: Penggunaan Remedial Teaching Sebagai Upaya Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X-F pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Kota Probolinggo 2.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang ingin diangkat yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN kota probolinggo 2 dan bagaimana pelaksanaan remedial teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN kota probolinggo 2 sebagai upaya ketuntasan belajar siswa.
Penelitian terhadap remedial teaching sebagai upaya ketuntasan belajar ini, dimaksudkan untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial teaching di MAN kota probolinggo 2. Dengan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Analisa kualitatif deskriptif merupakan alat analisa untuk menggambarkan bagaimana obyek penelitian, yaitu pelaksanaan remedial teaching. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan langkah sebagai berikut: pertama, reduksi data yaitu pemilihan yang diperoleh dari lapangan agar data yang diperoleh valid. Kedua, penyajian data yaitu mengumpulkan informasi yang diperoleh dengan memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. ketiga, verifikasi yaitu penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil observasi kelas dan dari data-data dokumentasi menunjukkan bahwa siswa MAN Kota Probolinggo 2 termotivasi dalam proses pembelajaran. Program remedial teaching menjadi proses tindak lanjut (follow up) dari guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang diupayakan akan membantu siswa dalam mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Remedial Teaching; Ketuntasan Belajar; Al-Qur’an Hadits | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45281 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |