Islam, Muhammad Izzul (2010) Perbedaan Hasil Prestasi Belajar Mata Pelajaran Rumpun PAl dan Tingkat Kesopanan Siswa SMP Islam Al Ma'arif 01 Singosari antara yang tinggal di Pondok Pesantren dan di luar Pondok Pesantren. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kecamatan Singosari memiliki salah satu lembaga pendidikan yang cukup maju yaitu lembaga pendidikan Al Ma’arif yang memiliki sekolah-sekolah dengan jenjang pendidikan yang cukup lengkap seperti Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar Islam (SDI), Madrasah Ibtida’iyah (MI), Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) dan Madrasah Aliyah (MA). Di samping itu juga terdapat pondok- pondok pesantren yang jumlahnya ± 17 buah pondok pesantren yang tersebar di wilayah Singosari. Pondok-pondok pesantren tersebut antara lain: Pondok Pesantren Nurul Huda, Pesantren Ilmu Alqur’an (PIQ), Pondok Pesantren Putri Al-Ishlahiyah, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in, Pondok Pesantren Darul Qur’an, Pondok Pesantren Miftahul Falah, Pondok Pesantren Salafiyah Al-Fatah, Pondok Pesantren An-Naslichah, Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah, dan lain-lain.
Salah satu sekolah yang menarik untuk diteliti adalah Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Al Ma’arif 01. Sekolah ini mempunyai kurikulum sama dengan SMP Negeri tetapi mempunyai nilai lebih dalam mata pelajaran agama yaitu jumlahnya sama seperti mata pelajaran agama yang ada di Madrasah Tsanawiyah (MTs) antara lain Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Fiqh, Al Qur’an Hadits, Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an dan Akidah akhlak. Menurut logika peneliti, sekolah semacam ini pasti memiliki suatu nilai lebih dari segi materi agama dan teladan moral dari guru ataupun lingkungan pondok pesantrennya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Perbedaan Hasil Prestasi Belajar Mata Pelajaran Rumpun PAI dan Tingkat Kesopanan Siswa SMP Islam Al Ma’arif 01 Singosari Antara yang Tinggal di Pondok Pesantren dan di Luar Pondok Pesantren”.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil prestasi belajar mata pelajaran rumpun PAI meliputi mata pelajaran Al Qur’an Hadits, akidah Akhlak, Fiqih dan SKI yang diperoleh siswa dan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesopanan siswa terhadap guru antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren (rumah). Adapun hipotesis nol (H0) adalah tidak ada perbedaan prestasi dan tingkat kesopanan antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan di luar pondok pesantren dan hipotesis alternatif (H1) adalah ada perbedaan diantara keduanya.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif non eksperimen (eks post facto) yang juga bertujuan untuk mencari hubungan sebab akibat. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi dan angket. Dengan sampel siswa sebanyak 120 orang dan sampel guru sebanyak 26 orang. Sedangkan untuk analisa, peneliti menggunakan teknik komparasi Uji Beda (t-test) T-test sampel bebas (Independent Sample T-Test). Namun sebelumnya data diuji normalitas, homogenitas, validitas, dan reliabilitas terlebih dahulu. Sedangkan untuk hasil angket menggunakan Uji U (Mann-Whitney).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil prestasi belajar mata pelajaran PAI yaitu dengan hasil uji T untuk mata pelajaran Al Qur’an Hadits = 0.599498192 , Akidah Akhlak= 0.936184367 , Fiqih= 0.225780101 , dan SKI= 0.359490084 dengan t tabel= 1.66 karena thitung < ttabel yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak (tidak ada perbedaan hasil prestasi belajar). Adapun hasil uji Mann-Whitney (U) untuk kesopanan siswa menyimpulkan bahwa ada perbedaan kesopanan antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan di luar pondok pesantren yaitu dengan hasil Uhitung= 220 dengan Utabel= 249 karena Uhitung < Utabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima (ada perbedaan kesopanan). Perbedaan ini didasari oleh dua hal pokok yaitu perbedaan tempat tinggal siswa dan perbedaan pengalaman guru dalam mengajar yang diperoleh dari data tambahan tentang data guru SMP Islam Al Ma’arif 01 Singosari. Jadi siswa akan lebih sopan terhadap seorang guru yang dianggap sepuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar; Kesopanan; Tempat Tinggal | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45267 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |