Nurrochmaddani, Muhammad Luqman (2011) Upaya Strategi Bauran Pemasaran dalam mempertahankan Pangsa Pasar Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510007.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu industri pariwisata yang besar peranannya di Indonesia adalah usaha perhotelan. Seiring dengan kebutuhan manusia yang kompleks dan luas, mendorong setiap manusia untuk berusaha agar semua kebutuhannya terpenuhi, sedangkan alat pemuas kebutuhan itu sendiri terbatas jumlahnya. Persaingan tersebut juga dialami semua para pelaku bisnis perhotelan di Kota Batu. Salah satunya adalah Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu. Berkembangnya jumlah hotel di Kota Batu menunjukkan pesatnya kemajuan pemasaran dibidang perhotelan sehingga membuat persaingan tersebut semakin ketat. Sehingga strategi bersaing yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah dengan mempertahankan pangsa pasar. Untuk itu perlu adanya strategi pemasaran dalam mempertahankan pangsa pasar salah satunya yaitu melalui bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bauran pemasaran di Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu dan menganalisis strategi bauran pemasaran di Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data dan sumber.
Hasil penelitian adalah produk atau jasa yang ditawarkan meliputi : akomodasi, konsumsi dan pelayanan, harga yang diterapkan dengan menerapkan diskon, dalam mengoptimalkan lokasi memenuhi dengan hotel resort yang terletak pada kelebihan alam, strategi promosi personnel approach, promosi secara langsung, media cetak dan media elektronik, pengoptimalan pelayanan yaitu dengan sikap pelayanan yang prima yaitu siap membantu, greeting, performance karyawan, senyum, rapi, dalam mengoptimalkan proses pelayanan, yaitu cepat, tepat dan tanggap, tidak menunda-nunda, ramah, pengoptimalan bukti fisik harus diimbangi dengan pelayanan yang meliputi : Hal-hal sekecil apapun harus diperhatikan seperti senyum, greeting, komunikasi yang menyenangkan, penyajian makanan harus cepat, tidak diperbolehkannya masam muka atau marah, room service 24 jam, pemesan kamar secara online.
ABSTRACT
One of the major role of the tourism industries in Indonesia is hotel business. Along with the human needs which complex and extensive, encourage every one to try to have all their needs met, while the means of satisfying of the needs itself is limited in the number. The competition has also been experienced hoteliers in Batu Town. One is the Kusuma Agro Hotel of Batu City. The growing number of hotels in Batu shows the rapid progress of marketing in hospitality that makes the competition is getting tougher. So that the competitive strategy that can be used by the company is by maintaining market share. For that we need the strategy of a marketing to maintain market share in one of which is through the strategy of the marketing mix. The purpose of this study is to describe the marketing mix at the Kusuma Agro Hotel of Batu City and to analyze the strategy of the marketing mix at the Kusuma Agro Hotel of Batu City.
This study used a qualitative descriptive method. The data of this study were obtained by conducting interviews, observations, and documentation. The development of data in this study was done by using triangulation of data and sources.
The results are the products or the services offered includes: accommodation, consumption and service, the price applied by applying a discount. Meanwhile, in optimizing the location is to meet the resort hotel in excess of nature, promotion strategy, personnel approach, direct promotion, print and electronic media. While the optimization service is the attitude of good customer service, ready to help, greeting, employee performance, smiles and neat. In addition, in order to optimize the service process is to seek a quick, precise and responsive, not procrastinating and friendly. On the optimization of physical evidence must also be balanced with the service that includes: things must be considered as the slightest smile, greeting, pleasant communication, presentation of food to be fast, not allowed sour face or angry, 24-hour room service, online room booking.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Bauran Pemasaran; Strategy; Marketing Mix | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:41 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45263 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |