Penerapan manajemen berbasis sekolah dalam upaya mengembangkan life skill peserta didik: Studi sampel di SMP Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri

Fauziyah, Fita (2008) Penerapan manajemen berbasis sekolah dalam upaya mengembangkan life skill peserta didik: Studi sampel di SMP Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03140022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (927kB)

Abstract

INDONESIA:

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dewasa ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Kekurangberhasilan pendidikan juga ditandai dengan ketidakpuasan masyarakat sebagai pengguna lulusan terhadap kualitas out put pendidikan. Pendidikan dinilai kurang mempunyai relevansi terhadap kehidupan peserta didik serta kurang membekali mereka dengan kecakapan-kecakapan yang penting bagi kesuksesan hidupnya. Oleh karena itu, hendaknya pendidikan diarahkan pada pengembangan kecakapan hidup (life skill), sehingga peserta didik terbekali dengan kecakapan-kecakapan yang dibutuhkan untuk menghadapi problematika hidup dan kehidupan. Perbaikan kualitas pendidikan yang diupayakan beberapa tahun terakhir diantaranya diarahkan untuk membenahi pendidikan dari sisi manajerial sekolah, yaitu melalui konsep manajemen berbasis sekolah (MBS). Manajemen berbasis sekolah dengan berbagai prinsip dan karakteristiknya diharapkan mampu menjawab tantangan pendidikan yang dialami selama ini. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang penerapan manajemen berbasis sekolah di lembaga pendidikan untuk mengefektifkan pengembangan life skill dengan judul Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Upaya Mengembangkan Life Skill Peserta Didik.

Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan MBS dalam upaya mengembangkan life skill peserta didik di SMP Negeri 1 Grogol, serta apa saja faktor pendukung dan kendala yang dihadapai pada penerapan MBS dalam upaya mengembangkan life skill peserta didik. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan MBS dalam upaya mengembangkan life skill peserta didik serta faktor pendukung dan kendala yang dihadapinya.

Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dimana peneliti mendeskripsikan data secara sistematis tentang keadaan yang sebenarnya berkenaan dengan penerapan MBS dalam upaya mengembangkan life skill peserta didik.

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan MBS mampu mendukung efektivitas upaya pengembangan life skill peserta didik yang diupayakan melalui kegiatan “student day”, integrasi life skill pada setiap mata pelajaran, peningkatan peran serta masyarakat serta penciptaan budaya sekolah yang kondusif. Adapun faktor pendukung suksesnya program tersebut adalah:. Adanya dukungan dari seluruh warga sekolah dan masyarakat terhadap program-program yang diselenggarakan sekolah, sarana dan prasarana serta staf pengajar yang cukup memadai, serta motivasi yang tinggi dari peserta didik untuk mengikuti program ”student day”. Sementara kendala kendala yang dihadapi adalah: Pemahaman guru tentang life skill yang beragam, keterbatasan pendanaan, alokasi waktu yang kurang pada pembelajaran Agama Islam dan Biologi, perbedaan persepsi peserta didik mengenai manfaat dari program ”student day”, keterbatasan tenaga pembimbing (khususnya untuk kegiatan kepramukaan). Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti menyarankan kepada pemimpin sekolah agar menyelenggarakan sosialisasi tentang life skill secara intens kepada seluruh staf pengajar untuk mewujudkan persamaan persepsi tentang life skill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djumransjah, M.
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah; Life Skill
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 16 Aug 2016 05:24
Last Modified: 16 Aug 2016 05:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

View Item View Item