Mashudi, Mashudi (2009) Strategi Pengembangan Pendidikan Islam di Pondok Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (670kB) |
Abstract
ABSTRAK
Adanya pondok pesantren tidak dapat dipisahkan dari pendidikan Islam, karena dalam pondok pesantren ada suatu proses pendidikan Islam yang pada umumnya bertujuan untuk membentuk Insan Kamil (manusia yang sempurna) yang berkepribadian muslim yaitu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama Islam dan sesuai dengan nilai-nilai dalam masyarakat, serta terbina aspek ketrampilan dan pengetahuannya. Maka pondok pesantren perlu mengupayakan bagaimana cara dan strategi yang digunakan, agar tujuan tersebut dapat tercapai. Strategi di sini dibutuhkan oleh pondok pesantren dengan cara mengembangkan pendidikan Islam yang ada, agar tujuan yang diharapkan cepat tercapai. Selain itu, adanya strategi yang diterapkan dapat menarik perhatian masyarakat dan menjadikan pendidikan Islam dalam pondok pesantren sesuai dengan yang diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat, serta menjadikan pondok pesantren tetap eksis dan relevan seiring dengan perkembangan zaman. Berangkat dari latar belakang itulah, penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Strategi Pengembangan Pendidikan Islam di Pondok Modern al-Rifa’ie Gondanglegi.
Dalam skripsi ini, peneliti membatasi pembahasan dengan rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian, yaitu: (a) Siapa saja orang-orang yang terlibat dalam penyusunan strategi pengembangan pendidikan Islam di Pondok Modern al-Rifa’ie Gondanglegi, (b) Bagaimana strategi pengembangan pendidikan Islam di Pondok Modern al-Rifa’ie Gondanglegi, (c) Bagaimana dampak dari strategi pengembangan yang telah diimplementasikan oleh Pondok Modern al-Rifa’ie terhadap perkembangan lembaga. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan; (a) Untuk mengetahui orang- orang yang terlibat dalam penyusunan strategi pengembangan pendidikan Islam di Pondok Modern al-Rifa’ie Gondanglegi, (b) Untuk mengetahui strategi pengembangan pendidikan Islam di Pondok Modern al-Rifa’ie Gondanglegi, dan (c) Untuk mengetahui dampak dari strategi pengembangan yang telah diimplementasikan oleh Pondok Modern al-Rifa’ie Gondanglegi terhadap perkembangan lembaga.
Untuk memperoleh data-data tentang permasalahan tersebut, maka penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Adapun dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data- data yang tertulis atau berupa lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya secara menyeluruh. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi data.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan disini bahwasanya:1) Orang-orang yang terlibat dalam penyusunan strategi pengembangan pendidikan Islam di Pondok Modern al-Rifa’ie Gondanglegi adalah terdiri dari: Pihak luar (ekstern), yang bergerak dalam 2 bidang yaitu bidang pendidikan dan bidang ekonomi, dan Pihak intern yang terdiri dari: Pengasuh, tim-tim ahli, dan semua kepala sekolah dan madrasah di Yayasan Pondok Modern al-Rifa’ie, 2) Strategi pengembangan pendidikan Islam di YPM al-Rifa’ie yaitu melalui:a) Planning (perencanaan) yang disusun dalam program dengan 3 jangka waktu, yaitu jangka panjang, jangka waktu menengah (1 tahun) dan jangka waktu pendek (1 minggu), b) Organizing (pengorganisasian) yang mencakup susunan masing-masing personil, dalam pendidikan non formal terdiri dari MDA (madrasah Diniyah) dan MMQA (Madrasah Murattilil Qur’an), c) Actuating (Penggerakan) yang pelaksanaannya diserahkan pada masing-masing unit, d) Kontrolling (pengawasan) dan evaluasi di YPM al-Rifa’ie Gondanglegi yaitu dilakukan setiap hari senin siang untuk mengevaluasi program yang telah dilaksanakan. 3) Dampak dari strategi pengembangan yang telah diimplementasikan oleh Pondok Modern al-Rifa’ie terhadap perkembangan lembaga, antara lain:a) koordinasi dan mengkondisikan masing-masing lembaga menjadi mudah, b) pertanggung jawaban dan evaluasi terhadap lembaga-lembaga yang ada di YPM al-Rifa’ie mudah dilaksanakan, c) kualitas dan kemampuan dari masing-masing lembaga sangat tampak dan signifikan, d) pengarahan anggaran (dari santri) menjadi terarah terhadap masing-masing lembaga, e) jumlah guru dan siswi (santri) semakin meningkat, f) prestasi yang signifikan di lembaga non formal (MMQ), g) Bertambahnya sarana (masih dalam proses pembangunan), h) Jumlah jama’ah meningkat, baik jama’ah KBIH maupun istighotsah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pengembangan; Tujuan Pendidikan Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45258 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |