Juniarti, Anita (2010) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di MAN Malang II Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (642kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Meneliti guru sebagai salah seorang pelaksana pendidikan di sekolah atau madrasah sangat diperlukan. Tidak jarang ditemukan guru yang kurang memiliki gairah dalam melakukan tugasnya, yang berakibat kurang berhasilnya tujuan yang ingin dicapai. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya motivasi guru dalam bekerja. Motivasi dapat dipandang sebagai energi dalam diri seseorang yang ditandai oleh munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. dan sebagai Kepala Sekolah yang salah satu fungsinya sebagai motivator haruslah mampu meningkatkan motivasi kerja bawahannya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin. Cara itu mencerminkan gaya atau tipe kepemimpinan yang dijalankan.
Penelitian ini dilakukan di MAN Malang II Batu. Yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di MAN Malang II Batu.
Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas (X) yang mencakup gaya Otoriter, Laissez-faire dan Demokratis seperti yang dikembangkan oleh Ralph White dan Ronald Lippitt sedangkan motivasi kerja guru sebagai variable terikat (Y). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua guru MAN Malang II Batu yaitu berjumlah 54 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana semua populasi yang ada dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di MAN Malang II Batu.
Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini metode mengumpulan data yang digunakan adalah tehnik angket, interview, observasi dan dokumen. Uji validitas menggunakan tehnik korelasi product moment dari Pearson. Sedangkan uji relibialitas mengunakan tehnik Alpha dengan bantuan SPSS V 10. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan tehnik regresi linier berganda.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik regresi linier
berganda bahwa sumbangan efektif penelitian sebesar (0.728 x 100% = 72,8 %) yang artinya 72,8 % motivasi kerja guru dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah sedangkan sisanya yaitu 27,2% dipengaruhi oleh factor lain diluar pembahasan dari penelitian ini. Dan berdasarkan data yang terkumpul dan analisis didapatkan hasil yang signifikan (44.662 dengan signifikansi sebesar 0.000 <
0.05) artinya semakin tinggi gaya kepemimpinan maka motivasi kerja semakin
baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah; Motivasi Kerja Guru | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45250 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |