Masudi, Masudi (2009) Interaksi Guru Pendidikan Agama Islam dan Anak Didik dalam rangka membentuk kepribadian Muslim di MAN I Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (708kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan ditujukan unutk membentuk tingkah laku serta mengarahkan kejalan yang benar. Pendidikan agama islam adalah usaha sadar yang merupakan pengajaran, bimbingan dan latihan terhadap anak didik agar nantinya dapat memahami,menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran islam serta menjadikan sebagaia jalan hidup sehari-hari yaitu berkepribadian muslim. Hal ini semua tergantung lembaga dalam menjembatani(mediator) anak didik dalam belajar. Guru pendidikan agama islam adalah salah satu yang ikut banyak andil dan bertanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan anak didik dalam membentuk kepribadiannya. Oleh karena itu penulis mencoba mengeksplorasi dengan suatu penelitian utnuk mengungkap bagaimana interaksi Guru pendidikan agama islam dan anak didik dalam rangka membentuk kepribadian muslim di MAN I probolinggo,hambataninteraksi guru pendidikan agama islam dan anak didik dalam rangka membentuk kepribadian muslim di MAN I Probolinggo dan bagaimana upaya yang dilakukan mengatasi hambatan interaksi guru PAI dan anak didik dalam rangka membentuk kpribadian muslim di MAN I Probolinggo.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi guru pendidikan agama islam dan anak didik di MAN 1 Probolinggo dalam membentuk kepribadian muslim, untuk mengetahui Kendala Interaksi guru Pendidikan Agama Islam dan anak didik di MAN 1 Probolinggo dalam membentuk kepribadian muslim. Untuk mengetahui Upaya mengatasi
Hambatan dalam interaksi Guru PAI Dan Anak didik di MAN I Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam usaha mendapatkan sumber data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif,yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari kepala sekolah, guru PAI,dan anak didik MAN I probolinggo.yang telah diamati sehingga dalm halini penulis berupaya menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian yang dilakukan penulis disampaikan bahwasanya interaksi guru PAI dan anak didik dalam membentuk kepribadian mulim di MAN I Probolinggo melalui pendekatan- pendekatan Guru PAI dengan anank didik baik melalui pendekatan individu, kelompok dan edukatif,terlihat pada waktu anak didik menjalankan ibadah, mengikuti kegiatan disekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler, peringatan hari besar Islam Maulid nabi , sikap anak didik terhadap guru dan teman-temannya, dan juga Ketika guru PAI melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, guru dengan ikhlas dalam bersikap dan berbuat, serta berusaha memahami anak didiknya dengan segala konsekuensinya.sehingga terbentuk hubungan harmonis antara keduanya dan dapat mengamalkan nilai ajaran islam yang berkepribadian muslim. Faktor yang menghambat interaksi Guru PAI dan anak didik dalm membentuk kepribadian Muslim faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berkaitan dengan minimnya waktu untuk pelajaran, berbagai kebijakan sekolah yang memberikan tugas ganda pada GPAI, sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai. Sedangkan faktor eksternal antara lain minimnya pengetahuan dan pelajaran agama yang diterima anak didik dari orang tua maupun pendidikan sebelumnya, kekurang pedulian orang tua dan masyarakat terhadap pentingnya pelajaran agama Islam, berbagai aktifitas dan perkembangan jaman yang mendukung kegiatan maksiat, serta keluarga yang kurang Islami, Upaya yang dilakukan mengatasi hambatan Interkasi Guru PAI dan anak didik dapat menanamkan kepribadian muslim antara lain dengan cara memberi contoh nyata kepada anak didik, guru melakukan pendekatan dengan kepala sekolah agar memenuhi sarana yaitu Musholla, mengajak para siswa yang memiliki buku-buku tentang agama Islam untuk mememinjamkan, Menanamkan kesadaran kepada anak didik bahwa kewajiban menjalankan perintah agama merupakan tanggung jawab pribadi, Bekerjasama dengan orang tua wali murid.
Dari hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya interkasi Guru PAI dan anak didik dalam membentuk kepribadian muslim ini maka nantinya akan dalam proses pembelajaran PAI berjalan kondusif. Dan juga diharapkan mampu membentuk pribadi anak didik agar menjadi Pirbadi Muslim sejati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Interaksi Guru PAI dan Anak didik; Kepribadian Muslim | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45247 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |