Romadlon, Ahmad Husnul Shoim (2009) Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlak siswa di SMK Brantas Karangkates Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110122.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (607kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembinaan akhlak merupakan suatu aktiviatas yang sangat penting dan merupakan suatu keharusan srta meruapakan sebagian dari kehidupan pribadi manusia. Dan sikap tindakan manusia dalam hidupnya yang merupakan pantulan kepribadiannya yang tumbih dan berkembang sejak lahir bahkan ketika masih dikandungan.
Pendidikan agama hendaknya dapat mewarnai kehidupan anak dengan bimbingan orang tua akan tetapi semakina subuknya orang tua mengharuskan menitipkan anaknya kesekolah dengan bimbingan orang kedua yaitu guru.
Berkaiatan dengan hal tersebut maka skripsi tentang kinerja guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak siswa di smk brantas
karangkates masalah yang diteliti adalah (1) kinerja guru dalam pembinaan akhlak siswa (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan akhlak siswa
(3) solusi untuk mengatasi kendala tesebut.
Sedangkan metode yang dipakai dalam dalam teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview, dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat
memproleh data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilakanakan di SMK Brantas Karangkates
Tujuan dari pada penlisan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui kinerja
guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Brantas Karangkates (2) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak di SMK Brantas Karangkates (3) untuk mengetahui kinerja guru pendidikan agama dalam mengatasi kendala- kendala pembinaan akhlak tersebut.
Kinerja guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa yaitu (a) melalui pendidikan di sekolah yaitu dengan memberikan motivasi pentingnya belajar agama islam untuk memproleh hidup yang lebih baik (b)
melalui pendidikan di masyarakat yaitu dengan cara anak didik langsung praktek dimasyarakat tanpa teori misal membagikan daging qurban Idul Adha kepada masyarakat sekitar sekolahan (c)metode pembinaan akhlak dengan cara (1) melalui pelajaran atau nasihat (2) membiasakan akhlak yang baik (3) melalui keteladanan yang baik (4) memilih teman yang baik (5) memberi reward atau sangsi, kendala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan akhlak di SMK Brantas Karangkates yaitu (1) guru: kurang fasilitas yang dimliki oleh guru (2) terbatsnya pengawasan dari pihak sekolah : tidak tahu apakah yang lingkukan yang tempati baik atau tidak (3) kurangnya sarana dan prasarana kurangnya (4) pengaruh TV: banyaknya acara tv yang sangat menghawatirkan sehingga hal tersebut pokok pikiran guru. Solusi untuk mengatasi kendala-kendala di SMK Brantas Karangkates yaitu (1) guru mengaktifkan kegiatan keagamaan seperti (1) Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) (2) setiap pelajaran agama Islam dimulai dengan membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur'an (3) melaksanakan kegiatan pondok romadlon (4) Doa bersama (Istigosah) menjelang ujian sumatif atau UAN (5) mengadakan lomba baca Al-Qur'an (6) lomba menulis khot tau kaligrafi (7) lomba adzan (8) mengikuti gebyar 1 muharram (9) mengadakan praktek ibadah (10) khatib sholat jum'at kedua guru agama bekerja sama dengan orang tua murid ketiga guru agama bekerja sama dengan guru BP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Pembinaan Akhlak Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45243 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |