Masrori, Lukman Syah (2010) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap pencapaian Kompetensi Siswa Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI MAN Tlogo Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (594kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kompetensi siswa adalah kualifikasi kemampuan siswa yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau seluruh kelompok mata pelajaran yang diatur dalam standar isi yang telah ditetapkan pemerintah, Namun dalam kenyataannya masih banyak yang tidak sesuai dengan yang diharapkan malah sebaliknya tidak tercapainya kompetensi siswa seperti yang diinginkan. Dari sekian faktor yang menyebabkan kemerosotan kualitas pendidikan adalah guru. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan. karena itu upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa didukung oleh kompetensi profesional guru, Karena dengan kompetensi profesional guru yang berkualitas, kurikulum, sumber belajar, sarana prasarana dan iklim pembelajaran menjadi sesuatu yang berarti bagi kehidupan peserta didik.
Berangkat dari hal itu maka tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan besarnya pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap kompetensi siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pencapaian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penyajian dari hasilnya dan bertujuan untuk menentukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui kompetensi profesional guru yang dipersepsikan siswa. Instrumen yang juga digunakan adalah dokumen, yaitu untuk mengetahui kompetensi siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana.
Hasil regresi linear sederhana menunjukkan besarnya nilai (7,762) > (1,960) dan menunjukkan adanya nilai signifikansi (0,000) < α (0,05), maka hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara kompetensi profesional guru terhadap pencapaian kompetensi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi profesional; Kompetensi siswa | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45239 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |