Sholihuddin, Rizal (2009) Analisis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Madrasah Aliyah Negeri Wlingi (Blitar). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (818kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Upaya Peningkatan kualitas Pendidikan masih terus dilakukan, salah satunya adalah pemberlakuan KTSP pada tahun ajaran 2006/2007. dalam KTSP setiap satuan pendidikan diberi keleluasaan untuk menyusun dan mengembangkan kurikulumnya sendiri mengacu pada SI dan SKL, serta berpedoman pada panduan penyusunan yang dikembangkan BSNP. Permasalahanya sekarang, setiap penyelenggara pendidikan di tingkat satuan khususnya Guru tentunya mempunyai pemahaman dan sikap yang berbeda terhadap KTSP. Mengingat Guru tidak pernah Belajar bagaimana membuat kurikulum sendiri, tentunya akan menghasilkan kurikulum oprasional yang bervariatif.
Tujuan penelitian disini adalah 1)Mendeskripsikan hasil penyusunan dokumen KTSP yang dirumuskan oleh Madrasah Aliyah Negeri Wlingi yang meliputi : (a) Tujuan pendidikan sekolah (b) Standar Kompetensi (c) Struktur dan muatan kurikulum (d) Silabus dan RPP. dan juga tentang Pemahaman Guru terhadap Silabus dan RPP.
Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mengetahui produk KTSP yang meliputi Dokumen KTSP dan Silabus. Dan juga menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif untuk mengetahui Pemahaman Guru terhadap silabus dan RPP.
Hasil Analisis menunjukkan bahwa Dokumen KTSP yang meliputi : (a)Profil Madrasah (b) Standar kompetensi (c) Struktur dan muatan kurikulum(d) Muatan Lokal (e) Kegiatan pengembangan diri (f) Pendidikan kecakapan hidup (g) Ketuntasan belajar, sistem penilaian, pindah sekolah dan kelulusan (h) Revisi dan pengembangan kurikulum(i) Kalender pendidikan (j). Silabus dan RPP yang dirumuskan oleh Madrasah Aliyah Negeri sudah mengacu pada SI dan SKL dan memenuhi pedoman penyusunan yang dikembangkan BSNP. Untuk MAN Wlingi dalam kategori baik.
(a)Untuk Profil Madrasah yang meliputi: ( Tujuan satuan pendidikan , Visi,misi, dan tujuan Madrasah) yang dirumuskan MAN Wlingi sudah memenuhi standar penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu termasuk dalam kategori baik sekali (B) Standar kompetensi yang meliputi ( Standar kompetensi lulusan Madrasah dan Standar Kompetensi kelompok mata pelajaran, Standar kompetensi lulusan mata pelajaran, Standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan oleh MA sudah mengacu pada SKL dan memenuhi dari Standar penyusunan yang di kembangkan oleh BSNP yaitu dengan tegori baik.(C) Struktur Kurikulum dan Beban belajar yang dikembangkan MAN Wlingi sudah cukup mengacu pada SI dan SKL masuk dalam kategori Baik (D) Muatan lokal yang dikembangkan oleh MAN Wlingi sudah mengacu pada SI dan SKL memenuhi Standar penyusunan dari BSNP dan termasuk daalam katrgori baik.
(E) Kegiatan pengembangan diri yang meliputi (Layanan dan pendukung konseling, Ekstrakulikuler, yang dirumuskan oleh MAN Wlingi sudah mengacu pada SI dan SKL serta memenuhi pada Standar penyusunan yang dikembangkan
BSNP yaitu termasuk kategori baik. (f)Pendidikan Kecakapan hidup meliputi (kecakapan hidup non vokasional, kecakapan hidup vokasional) yang dirumusakan oleh MAN Wlingi sudah mengacu pada SI dan SKL serta memenuhi pada Standar penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu termasuk kategori baik (g) Ketuntasan Belajar, sistem penilaian, pindah sekolah, dan kelulusan yang dirumusakan oleh MAN Wlingi sudah mengacu pada SI dan SKL serta memenuhi pada Standar penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu termasuk kategori baik (h) Revisi dan pengembangan kurikulum yang meliputi (Revisi kurikulum Madrasah, Pengembangan kurikulum Madrasah , Kendali mutu, kerjasama /kemitraan yang dirumusakan oleh MAN Wlingi sudah mengacu pada SI dan SKL serta memenuhi pada Standar penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu termasuk kategori baik (i) Kalender pendidikan yang dirumusakan oleh MAN Wlingi sudah mengacu pada SI dan SKL serta memenuhi pada Standar penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu termasuk kategori baik sekali.(j) Silabus dan RPP yang dirumusakan oleh MAN Wlingi sudah mengacu pada SI dan SKL serta memenuhi pada Standar penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu termasuk kategori baik sekali.
Untuk pemahaman Guru terhadap silabus dan RPP hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa mayoritas Guru MAN Wlingi Faham tentang pernyataan silabus dan RPP yang dikemukakan oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum; Silabus; SI; Standar Kompetensi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:12 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45236 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |