Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Surya Buana Malang

Khotimah, Husnul (2008) Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03140020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (782kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Islam secara formal di sekolah bukan sekedar mengajar pendidikan agama dan melatih ketrampilan siswa dalam melaksanakan ibadah, akan tetapi pendidikan Islam lebih luas dari itu, pendidikan Islam bertujuan untuk membentuk kepribadian muslim siswa sesuai dengan ajaran agama Islam. Pada hakikatnya pendidikan Islam lebih menekankan pada mempersiapkan generasi baru untuk dapat berperan dan mampu menjawab berbagai tantangan problematika hidup yang muncul serta memberikan solusi bagi kesejahteraan hidup umat manusia. Namun pada kenyataannya pelaksanaan pendidikan agama di sekolah dianggap kurang berhasil atau gagal dalam membina akhlak siswa. Hal ini berkenaan dengan ulah perilaku sebagian remaja (termasuk didalamnya pelajar) yang berbuat keonaran, perkelahian pelajar, pesta obat-obatan terlarang, mabuk-mabukan, pemerkosaan, pembunuhan dan tindak kejahatan lainnya, walaupun pada dasarnya bukan hanya kegagalan dari dunia pendidikan saja. Disitulah dapat dilihat bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam sangat penting dalam membentuk kepribadian muslim siswa sehingga menjadi manusia yang berkepribadian muslim dan dapat menjalankan hidup dengan syari’at islam.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis melakukan penelitian di MTs Surya Buana Malang, dengan rumusan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Surya Buana Malang? (2) Bagaimana bentuk-bentuk kepribadian yang ditanamkan pada siswa di MTs Surya Buana Malang? (3) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Surya Buana Malang? (4) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pembentukan kepribadian muslim siswa di MTs Surya Buana Malang?, adapun tujuan pembahasan di atas adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Surya Buana Malang (2) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kepribadian yang ditanamkan pada siswa di MTs Surya Buana Malang (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Surya Buana Malang (4) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan kepribadian muslim siswa di MTs Surya Buana Malang.

Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru agama, dan siswa. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang peneliti peroleh dari observasi, interview, dan dokumentasi menggunakan teknik analisis data deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena tertentu.

Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah diterapkannya pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim siswa di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Bentuk-bentuk kepribadian muslim yang ditanamkan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang, yaitu; Paham al-Islam secara mendalam dan menyeluruh, kasih sayang kepada sesama muslim, ridho kepada Allah SWT., rendah hati, tekun beribadah dan melakukan amar ma’ruf nahi mungkar, penuh tanggung jawab, memiliki keteguhan dan pendirian yang kuat. Upaya yang dilakukan guru dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Surya Buana Malang terlaksana dengan baik dan efektif. Hal itu ditunjukkan antara lain dengan; Mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada siswa dengan memberikan contoh yang konkrit dalam berperilaku dan bertutur kata yang sesuai dengan ajaran Islam, memfungsikan sarana dan prasarana, memberikan kegiatan ekstrakurikuler, memberikan kegiatan keagamaan, memberikan teladan yang baik pada siswa MTs Surya Buana Malang dalam segala interaksi yang ada di lingkungan madrasah. Dalam pembentukan kepribadian muslim siswa sangat didukung oleh; adanya peraturan sekolah, adanya kerjasama dari pihak sekolah untuk membina pribadi muslim siswa, adanya sarana dan prasarana yang memadai. Faktor kendala yang dihadapi dalam pembentukan kepribadian muslim siswa adalah; faktor yang datang dari dalam diri siswa sendiri, orang tua siswa dan faktor pergaulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Pentingnya PAI; Pribadi Muslim
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 16 Aug 2016 05:24
Last Modified: 16 Aug 2016 05:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4523

Actions (login required)

View Item View Item