Laila, Anis Nur (2006) Penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01110116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Selama ini terdapat kritik terhadap Pendidikan Agama di sekolah. Sementara pihak menyatakan bahwa PAI di sekolah lebih bersifat verbalistik dan formalistik atau merupakan tempelan saja sejak dulu hingga sekarang, padahal masyarakat yang dihadapi sudah banyak mengalami perubahan. Pendekatan PAI cenderung normatif tanpa dibarengi ilustrasi konteks sosial budaya sehingga siswa kurang menghayati nilai-nilai yang hidup dalam keseharian. Persoalan-persoalan tersebut diatasi dengan penerapan suatu paradigma baru dalam pembelajaran di kelas yaitu dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal ini dikarenakan ada kecenderungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar bermakna jika anak “mengalami” apa yang dipelajarinya bukan “mengetahuinya”. Dalam hal ini mengantarkan peneliti pada penelitian yang berjudul Penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Malang I.
Kajian dan pembahasan dalam skripsi ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Malang I, 2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Malang I.
Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif, dimana data yang telah dihasilkan baik secara teoritis maupun empiris disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas, sesuai dengan proses yang terjadi di MAN Malang I. Adapun yang menjadi subyek penelitian skipsi ini adalah: Kepala Sekolah dan Guru PAI. Selain itu, penelitian metode kualitatif ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: 1) observasi, 2) wawancara/interview, serta 3) dokumentasi.
Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Malang I sudah berjalan cukup baik, meskipun tidak semua materi pembahasan diterapkan dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning semakin efektif ketika diberlakukannya Kurikulum 2004 (KBK). faktor yang menjadi penunjang pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah guru sudah menguasai strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning, sekolah memberikan dukungan dengan pelaksanaan pembelajaran kontekstual, pihak sekolah selalu mengikutkan penataran–
penataran, faktor dari siswa, sarana dan prasarana yang memadai. sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang siswa yang berbeda, fasilitas yang kurang memadai, tidak sesuainya kurikulum dengan materi yang diajarkan dan minimnya jam pelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di MAN Malang I sudah berjalan cukup baik, meskipun tidak semua materi pembahasan diterapkan dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Pembelajaran CTL semakin efektif ketika diberlakukannya Kurikulum 2004 (KBK), karena pembelajaran Contextual Teaching and Learning merupakan bagian dari metode yang ada di kurikulum 2004.
Melihat masih adanya beberapa faktor penghambat dalam Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di MAN Malang I, maka peneliti sarankan kepada pelaksana pendidikan untuk melengkapi sarana dan media penunjang Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Para guru diharapkan untuk memperbanyak metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar dan perlu adanya kerjasama semua pihak, baik sekolah, wali murid, masyarakat umum dan pemerintah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:11 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45225 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |