Isnanto, Eka Akbar Mirza (2009) Manajemen kelas dalam mencapai proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam yang Efektif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen Kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Manajemen Kelas merupakan upaya mengelola siswa di dalam kelas yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang menunjang program pengajaran, agar siswa ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah. Di samping itu, Proses Belajar Mengajar dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan sumber belajar lainnya. Dalam Manajemen Kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang berkompeten, berkualitas dan memahami konsep Manajemen kelas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien di dalam kelas, khususnya pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI).
Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Prosedur Manajemen Kelas, Unsur-unsur Manajemen Kelas dan Faktor- faktor yang mempengaruhi Manajemen Kelas dalam Mencapai Proses Belajar Mengajar PAI yang Efektif di SMK Negeri 2 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa Tulisan/ kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research) dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti menggunakan purposive sample yang dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu dengan memilih siswa Kelas XI PrM 2 (Perawat Medis 2) sebagai sample. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui Observasi, Angket dan Dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: A. Prosedur Manajemen Kelas dalam mencapai Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam yang Efektif di SMK N 2 Malang: (1)Sesuai dengan RPP yang telah disusun. (2)Pengelolaan Kelas yang lengkap mulai dari Absensi, Disiplin, Evaluasi kelas, Analisis nilai dan Pengayaan nilai serta Menangani Kerawanan kelas. (3)Dengan melakukan tahap-tahap dalam belajar, seperti: Memberi contoh atau kaitan yang menarik sehingga siswa dapat belajar dengan tenang tanpa guru harus menenangkan terlebih dahulu. B. Unsur-unsur Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam untuk menunjang Manajemen Kelas di SMK N 2 Malang: (1)Ada Tujuan yang jelas. (2)Ada Indikator yang jelas. (3)Ada Materi. (4)Ada Methode dan Skenario belajar. (5)Ada Media. (6)Ada Evaluasi yang
terukur. (7)Sarana Prasarana Belajar/ Buku-buku. (8)Kesiapan Pengajar dan Siswa. (9)Menerapkan Methode terbaru. (10)Sangat ditentukan/ mengikuti kondisi siswa yang sedang di ajar, oleh karena itu guru dituntut untuk mengetahui bagaimana penggunaan manajemen kelas dengan kondisi tertentu untuk mencapai pembelajaran yang kondusif. C. Faktor-faktor yang mempengaruhi Manajemen Kelas dalam mencapai Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam yang Efektif di SMK N 2 Malang: (1)Kemampuan Siswa. (2)Tujuan Pembelajaran. (3)Kelengkapan Sarana dan Prasarana. (4)Media Pembelajaran. (5)Rasio Siswa. (6)Inisiatif Guru. (7)Pengalaman Guru. (8)Permasalahan yang dihadapi. (9)Segala yang berkenaan secara langsung dalam Proses Belajar Mengajar baik itu Fasilitas maupun dari kondisi siswa itu sendiri, namun kesemuanya itu amat tergantung bagaimana guru mengaturnya.
Dari hasil penelitian ini, Saran yang diharapkan Penulis adalah: (1)Bagi penentu kebijakan dalam hal ini pemerintah agar dalam melakukan perubahan kebijakan tidak didasarkan pada perubahan struktural birokrasi pemerintahan, akan tetapi hendaknya perubahan tersebut lebih didasarkan pada kebutuhan sebagai hasil dari analisis terhadap perkembangan sosial dan ilmu pengetahuan serta didasarkan pada kajian-kajian yang mendalam. (2)Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di Sekolah haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam mengemban amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teorititis maupun secara praktis terutama dalam hal Manajemen Kelas. (3)Dalam upaya mengatasi permasalahan- permasalahan hendaknya selalu mengadakan silaturrahmi dan komunikasi yang baik di antara semua pihak Sekolah guna memecahkan segala sesuatu yang menghambat. (4)Semoga saran ini dapat menjadi wacana evaluasi, introspeksi, dan aplikasi dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghofir, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kelas; Proses Belajar Mengajar; PAI; Efektif | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:12 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45224 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |