Mubarok, Nurul (2011) Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap keputusan Nasabah dalam menggunakan Produk pembiayaan pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (31MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Animo masyarakat terhadap produk pembiayaan syariah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatnya pembiayaan tersebut di satu sisi akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat mengingat setiap industri yang bergerak di bidang pembiayaan akan berusaha untuk memasuki niche yang ada dengan segala sumber daya yang dimilikinya. Di sisi lain, tingginya permintaan akan produk pembiayaan syariah merupakan tantangan bagi industri untuk membuat produk pembiayaan kompetitif yang tidak hanya mengandalkan prinsip syariah, tetapi juga berkualitas. Hal ini tentu membutuhkan strategi pemasaran yang efektif dari perusahaan agar produk pembiayaannya dapat bersaing, baik dengan produk pembiayaan konvensional ataupun produk pembiayaan syariah lainnya.
Penelitian ini mencoba menganalisis optimalisasi strategi pemasaran dalam mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan di BRI Syariah Cabang Malang. Variabel strategi pasar yang digunakan meliputi segmentasi pasar (X1), penentuan target pasar (X2), dan penentuan positioning produk (X3). Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil filtrasi, sampel kemudian menyusut menjadi 89 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner, sedangkan model analisis yang digunakan regresi linear berganda. Sebelumnya, dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, beserta uji asumsi klasik terhadap data penelitian.
Hasil pengujian menggunakan regresi linear berganda dengan uji F menghasilkan kesimpulan bahwa segmentasi pasar (X1), penentuan target pasar (X2) dan penentuan positioning produk (X3) berpengaruh baik secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan di BRI Syariah Cabang Malang. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai F hitung dan t hitung yang lebih besar dari F tabel dan t tabel. Segmentasi pasar (X1) merupakan variabel yang pengaruhnya paling dominan terhadap keputusan nasabah dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu 8,987>1,988. Berikutnya yang berpengaruh paling dominan secara berurutan adalah penentuan positioning produk (X3) dengan t hitung sebesar 2,718, dan baru kemudian penentuan target pasar (X3) dengan t hitung sebesar 2,327.
ABSTRACT
Public interest against the Islamic finance products is increasing from year to year. Increased funding is on one side will lead to increasingly fierce competition given any industry engaged in financing will try to tap into a niche that exists with all its resources. On the other hand, the high demand for Islamic financial products is a challenge for the industry to make products competitive financing that do not rely solely on Islamic principles, but also quality. This certainly requires effective marketing strategies of companies to be competitive financing products, both with conventional financing products or other Islamic financing products.
This study attempted to analyze the optimization of marketing strategies in influencing customer decisions in the use of Islamic financing products in the BRI branch of Malang. Variables used include market strategy market segmentation (X1), the determination of the target market (X2), and determining product positioning (X3). The sample used by 100 respondents who specified a purposive sampling method. Based on the results of filtration, samples were then shrunk to
89 respondents. Data collection techniques performed using the techniques of documentation and questionnaires, while the model of analysis used multiple linear regression. Previously, testing the validity and reliability, along with the assumptions of classical test of research data.
Test results using multiple linear regression with the F test lead to the conclusion that the market segmentation (X1), the determination of the target market (X2) and determining product positioning (X3) affect either simultaneously or partially against the decisions of customers in the use of Islamic financing products in the BRI branch Malang . This is shown by the calculated F value and t count greater than the F table and t table. Market segmentation (X1) is a variable whose influence is most dominant on the customer's decision to the value t count is greater than t table, ie 8.987> 1.988. Next the most dominant influence in a sequence is the determination of product positioning (X3) with t count of 2.718, and then determining the target market (X3) with t count of 2.327.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi pemasaran; keputusan pembelian; optimalisasi; segmentasi; marketing strategies; purchasing decisions; optimization; segmentation | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:41 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45221 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |