Ghusni, Muchammad Ali (2006) Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah siswa di SMP Darul 'Ulum Agung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
01110002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (313kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Agama dapat menjadi pengendali moral bagi seseorang, maka dari itu hendaknya agama itu masuk dalam pendidikan kepribadian seseorang yang merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam integrasi kepribadian itu. Agama dapat menjadi pengendali moral apabila hal itu dapat di mengerti, dirasakan dan dibiasakan (rasional, emosional dan diaplikasikan). Untuk menunjang keperluan tersebut dibutuhkan kajian terhadap nilai-nilai ajaran agama Islam sesuai dengan kebutuhan umat manusia. Prioritasnya yang terkait secara langsung dengan pembangunan nasional.
Fokus dari pada penelitian ini ialah mencari keterangan tentang peran pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Darul 'Ulum Agung Malang yang dijabarkan dalam rumusan masalah sebagai berikut : (1). Bagaimana peran pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Darul 'Ulum Agung Malang (2). Bagaimana upaya yang dilakukan dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Darul 'Ulum Agung Malang (3). Bagaimana faktor pendukung dan kendala dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Darul 'Ulum Agung Malang
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, yakni berusaha memahami makna peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan subyek dilapangan secara utuh. Penelitian kualitatif berakar pada latar alamiah sebagai keutuhan, mengandalkan manusia sebagai alat penelitian, memanfaatkan metode kualitatif, mengadakan analisis data secara induktif, bersifat deskriptif, dan hasil penelitiannya disepakati oleh kedua belah pihak: peneliti dan subjek penelitian.
Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui (1). Wawancara (interview), (2). Pengamatan (Observasi), dan (3). Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan (1). Analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data). (2). Analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber data artinya membandingkan dan mengecek data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan.
Dari hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwa (1). Peran pendidikan agama Islam dalam membina akhlakul karimah siswa adalah sebagai motivator dalam kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah maupun masyarakat, pengendali moral dalam kegiatan sehari-hari. (2). Upaya yang dilakukan dalam pembinaan akhlakul karimah yaitu dengan cara: pengarahan oleh guru, penciptaan suasana religius di sekolah, pembudayaan beretika baik di sekolah, peringatan hari besar Islam, melalui kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan pesantren kilat Romadhon. (3). Faktor-faktor pendukung pembinaan akhlakul karimah adalah: adanya kerjasama dengan orang tua siswa, siswa selalu antusias dan semangat untuk belajar, sarana dan prasarana yang lengkap dan sumber daya manusia yang berkualitas. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembinaan akhlakul karimah siswa adalah kejenuhan dan kebosanan siswa, kurangnya perhatian dan pengetahuan orang tua akan pendidikan agama dan pengaruh media massa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Pembinaan Akhlakul Karimah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:20 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45211 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |