Muhdlor, Aqib (2009) Strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an bagi anggota Hai’ah Tahfidzh Al-Qur’an (HTQ) Uiniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05120105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (836kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah Upaya untuk pembelajaran siswa. Supaya Pembelajaran itu lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang dicita-citakan, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Secara sederhana strategi dapat diartikan sebagai taktik atau garis-garis untuk digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar (PBM) agar dapat menarik dan dimengerti oleh oleh peserta didik sehingga tujuan dan sasaran yang di inginkan dapat tercapai dalam pembelajaran. Penggunaan strategi tersebut harus mneggunakan langkah atau tahapan-tahapan yang sudah ditentukan secara tersusun dan sistematis serta procedural yang dibarengi dengan metode yang digunakan oleh pendidik atau guru.
Penggunaan Strategi dalam proses belajar mengajar mempunyai maksud agar tujuan pembelajaran itu dapat difahami, dimengerti, dan dilaksanakan oleh peserta didik dengan lebih baik.
Hafal Al-Qur’an di luar kepala merupakan usaha yang paling efektif dalam menjaga kemurnian Al-Qur’an yang agung. Dengan hafalan tersebut berarti meletakkan pada hati sanubari penghafal. Sebenarnya keberhasilan pembelajaran (hafalan) turut ditentukan oleh penggunaan strategi yang tepat secara serasi dan kontekstual. Tidak mungkin kita memilih, menentukan serta menggunakan strategi yang tepat dan efektif. Sudah pasti strategi pembelajaran yang berhubungan dan berkaitan dengan kitab suci al – Qur’an tentu harus mengerti seluk- beluk metode, pendekatan, dan teknik dalam kaitanya dengan strategi pembelajaran.
Dengan cara yang demikian harapan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Mengacu pada latar belakang itu penulis kemudian ingin membahasnya dalam sekripsi yang berjudul” Strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an bagi anggota Hai’ah Tahfidzh Al-Qur’an (HTQ) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang”.
Masalahnya adalah apakah lenbaga pendidikan khususnya Al-Qur’an sudah menggunakan strategi dan metode dalam pembelajaran? Kemudian yang menjadi focus dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’a bagi anggota Hai’ah Tahfidzh Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan?; (2) Bagaimana kualitas hafalan Al-Qur’an anggota Hai’ah Tahfidz Al- Qur’an (HTQ) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang?; (3)Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an di Hai’ah Tahfidz Al- Qur’an (HTQ) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang?
Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu: mendiskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang telah di dapat, sehingga menggambarkan realitas ynag sebenarnya yang sesuai dengan yang terjadi di lapangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Hafalan Al-Quran | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:20 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45207 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |