Athor, M. Fikri Fakhril (2011) Strategi Personal Selling dalam upaya meningkatkan Nasabah: Studi pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06610102.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Personal Selling merupakan bagian dari proses pemasaran. Ketika seseorang mengatakan tentang tenaga penjual, kesan yang muncul dalam benak masyarakat adalah gambaran khas tenaga penjual keliling, penjaja dagangan yang berbicara dengan cepat dan selalu tersenyum untuk memaksakan menjual barang atau jasanya. Orang mempunyai banyak gambaran yang khas mengenai wiraniaga termasuk gambaran khas yang tidak menyenangkan. Wiraniaga atau Personal Selling memiliki kesan untuk memaksakan menjual barang atau jasanya kepada konsumen dengan segala cara. Personal Selling atau Penjual Pribadi merupakan interaksi secara langsung dengan satu calon pembeli atau lebih guna melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesanan untuk membangun preferensi, keyakinan dan tindakan pembelian. Dalam Personal Selling PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Malang wiraniaga berhasil bukan karena dengan membawa nasabah masuk, akan tetapi membantu nasabah mengatasi persoalan dengan mengkaji kebutuhan-kebiutuhan mereka dan memecahkan masalah-masalah nasabah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi tentang Strategi Personal Selling yang diterapkan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Malang dalam upaya untuk meningkatkan nasabah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang menjadi penghambat dalam Personal Selling adalah perbedaan karakter dari para wiraniaga yang perlu diintegrasikan dalam syariah Islam, product knowledge dan tingkat kesadaran umat. Wiraniaga PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Malang berusaha membangun kesadaran umat dengan membekali pengetahuan produk yang mendalam serta pengembangan diri, agar menjadi wiraniaga yang mampu memberikan solusi bagi calon nasabah.
ABSTRACT
Personal Selling is a part of the marketing process. When someone says about the salespeople, the impression comes to mind is the picture of a typical community of vendors, merchandise vendors who speak quickly and are always smiling to impose sell goods or services. People have many typical picture of a typical salesperson including an unpleasant picture. Personal Selling salesperson or having the impression is by imposing sell goods or services to consumers in every way. Personal Selling Personal Selling or a direct interaction with one or more prospective buyers is to make presentations, answer questions and accept orders to build preferences, beliefs and actions of the purchase. In Personal Selling Page, Bank Muamalat Indonesia, Malang Branch Page salespeople succeed not because by bringing customers in, but it helps customers solve problems by assessing their needs as well as solve their problems.
The purpose of this study is to determine the description of Personal Selling Strategies applied by PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Branch Malang in an effort to improve the customer. This study uses descriptive qualitative method. Data from this study were obtained by interview, observation, and documentation. Development of the validity of the data in this study was done by using triangulation.
The results of this study showed that the inhibitor in the Personal Selling is the difference in the character of the salesman who must be integrated within the Islamic sharia, product knowledge and level of human awareness. Salespeople of PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Branch Malang trying to build awareness of the people by providing in-depth product knowledge and personal development, to be a salesperson who is able to provide solutions for their potential customers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Personal Selling; Strategy; Personal Selling | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:42 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45198 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |