Maisaroh, Umi Hanik Elok (2006) Peran pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam memantapkan nilai-nilai keagamaan pada anak Madrasah Diniyah Al-Husna Sumber Suko Lawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
00110255.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (319kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seutuhnya pendidikan agama mempuyai peranan yang sangat penting. Dengan dibekali dasar-dasar pendidikan agama diharapkan mampu membentuk kepribadian anak baik dari segi keimanan, ibadah dan akhlak. Pelaksanaan dan pengajaran yang diterapkan di Madrasah Diniyah sudah menunjukkan aktifitas pendidikan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas guru dan santri serta kegiatan-kegiatan yang diadakan di Madrasah Diniyah sebagai pengaplikasian dari peran pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam memantapkan nilai-nilai keagamaan pada anak. Al- Qur’an Hadits merupakan dasar agama secara keseluruhan yang sangatlah penting untuk dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan permasalahan diatas, penulis tertarik menjadikan penelitian di Madrasah Diniyah Al-Husna Sumber Suko Lawang dengan judul peran pembelajaran Al-Qur’an hadits dalam memantapkan nilai-nilai keagamaan pada anak di Madrasah Diniyah Al-Husna Sumber Suko Lawang.
Adapun yang menjadi fokus permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam memantapkan nilai keagamaan pada anak, bagaimana peran pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam memantapkan nilai keagamaan pada anak serta faktor penunjang dan penghambat pembelajarran Al-Quran hadits dalam memantapkan nilai-nilai keagamaan pada anak sedangkan tujuan pembahasannya adalah mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan peran pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam memantapkan nilai-nilai keagamaan pada anak serta untuk mengetahui faktor-faktor penunjang dan penghambat peran pembelajaran Al- Qur’an Hadits dalam memantapkan nilai-nilai keagamaan pada anak di Madrasah Diniyah Al-Husna Sumber Suko Lawang.
Untuk mengumpulkan data dilapangkan penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan melalui tahapan-tahapan analisis yakni identifikasi, klasifikasi, dan selanjutnya diinterpretasikan melalui penjelasan-penjelasan deskriptif sedangkan kesimpulan mengenai peran pembelajaran Al-Qur’an Hadits memintakan nilai-nilai keagamaan pada anak, pelaksanaan pembelajaran Al- Qur’an Hadits, keadaan kegiatan, kurikulum, metode dan faktor yang mempengaruhi peran pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam memantapkan nilai- nilai keagamaan pada anak.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pembelajaran Al- Qur’an Hadits sangatlah penting dalam memantapkan nilai-nilai keagamaan pada anak melalui berbagai metode yang bervariasi, kurikulum dan kegiatan-kegiatan yang diadakan di madrasah diniyah dalam memantapkan pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Sedangkan nilai-nilai yang ditanamkan dalam memantapkan nilai keagamaan pada anak adalah nilai keimanan, nilai ibadah dan nilai akhlak yang seimbang dalam praktek keagamaan yang cukup baik yang mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Al-Qur’an Hadits; Memantapkan Perkembangan Nilai-Nilai Keagamaan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 15:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45196 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |