Astutik, Anna Puji (2006) Kesesuaian antara materi PAI dan metode dalam usaha meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SDN Simongagrok 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00110138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (543kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah sesuatu yang sangat fundamental bagi perubahan masyarakat. Dengan pendidikan manusia akan mampu menjadikan semua sendi kehidupan menjadi lebih baik. Agar pendidikan dapat sampai kepada siswa dengan baik, maka beberapa hal harus dapat dipenuhi oleh guru yang bersangkutan. Selain pendekatan kepada siswa, materi dan metode juga sangat mempengaruhi keberhasilan dari proses belajar mengajar.
Penelitian ini terfokus pada Kesesuaian Antara Materri dan Metode Dalam Usaha Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SDN Simongagrok 2 Dawarblandong Mojokerto. Karena, jika kita lihat di lapangan banyak guru PAI yang masih terkesan tradisional dan monoton dalam mengajar sehingga tidak jarang siswa yang diajar ngantuk atau bercerita sendiri. Materi dan metode adalah dua hal yang sangat penting yang dapat berpengaruh terhadap sampai atau tidaknya pendidikan Agama Islam di sekolah. Apabila materi dapat tersampaikan dengan baik dan dapat diterima dengan baik pula oleh siswa maka pembelajaran agama akan dapat sampai baik dari aspek afektif, kognitif maupun psikomotoriknya. Untuk lebih jelasnya, tujuan dari penelitian ini kami tuangkan dalam rumusan masalah sebagai berikut: (1) Materi-materi apa sajakah yang terdapat dalam buku ajar PAI yang ada di SDN Simongagrok 2? (2) Metode- metode apa sajakah yang dipakai guru PAI SDN Simongagrok 2 dalam menyampaikan materi PAI di kelas? (3) Bagaimana kesesuaian antara materi dan metode yang digunakan dalam menyampaikan materi?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, di mana peneliti mengadakan observasi terhadap sumber data tertulis yang ada yaitu berupa catatan program semester yang berisi tentang (keterangan materi yang sedang disampaikan, keterangan kapan materi tersebut disampaikan, keterangan metode yang dipakai dalam menyampaikan materi, buku yang dipakai, serta alat penilaian yang dipakai), buku ajar PAI kelas 6, dan pedoman pengajaran PAI. Selain mengadakan observasi peneliti juga mengadakan interview kepada sumber informasi yang bersangkutan dalam hal ini adalah guru PAI SDN Simongagrok 2 serta sumber-sumber lain seperti Kepala Sekolah, maupun penjaga sekolah.
Dari data-data yang diperoleh di lapangan dapat disimpulkan bahwa materi yang ada dan yang disampaikan di kelas 6 SDN Simongagrok 2 sesuai dengan metode yang digunakan dalam menyampaikannya. Hal ini dapat kita lihat dan amati dari catatan program semester (keterangan materi yang sedang disampaikan, keterangan kapan materi tersebut disampaikan, keterangan metode yang dipakai dalam menyampaikan materi, buku yang dipakai, serta alat penilaian yang dipakai) yang ditulis sendiri oleh guru sebagai laporan dan bukti tertulis bahwa telah terjadi proses belajar mengajar. Selain itu kesesuaian ini dapat dilihat dari nilai hasil ujian akhir semester yang sangat memuaskan. Dari sini berarti bahwa materi PAI telah tersampaikan dengan baik dan telah diterima dengan baik pula oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Materi; Metode; Mutu | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45192 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |