Ramadhan, Dliyaaul Firdausi Fii (2009) Pengembangan pembelajaran PAI pada anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Kedungkandang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam memiliki kontribusi yang besar bagi perkembangan mental spiritual anak didik, tak terkecuali anak tunagrahita. Oleh sebab itu, pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Malang mengupayakan pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam agar proses transformasi nilai-nilai agama Islam menjadi lebih mudah diterima oleh siswa tunagrahita. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengembangan pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SMPLB Negeri Malang, dan apa faktor pendukung serta penghambat pengembangan pembelajaran PAI tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Negeri Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Wawancara/Interview, (2) Dokumentasi, dan (3) Observasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMPLB Negeri Malang telah berupaya mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan dinilai berhasil meskipun belum maksimal. Keberhasilan ini terkait dengan beberapa faktor pendukung di antaranya: (1) tenaga pengajar yang berdedikasi tinggi, (2) hubungan kekeluargaan yang baik, (3) kegiatan keagamaan, (4) Kemauan belajar siswa yang cukup tinggi, dan (5) Kerjasama yang terjalin baik antara orang tua dan sekolah. Disamping itu juga beberapa masalah yang mempengaruhi upaya pengembangan pembelajaran ini, yaitu: (1) kurangnya tenaga pengajar yang sesuai pada bidangnya, (2) sumber dan bahan ajar yang terbatas dan (3) keterbatasan anggaran dana pendidikan sekolah. Pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Negeri Malang ini berupa pembelajaran PAI yang disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan siswa. Yaitu dengan mempermudah materi pelajaran dan melakukan pendekatan khusus. Pada pelaksanaannya pengembangan pembelajaran PAI ini memang menjadi tugas guru PAI yang bersangkutan, namun juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh pihak yang ada di sekolah sebagai lingkungan pembelajaran.
Dengan hasil penelitian sebagaimana diuraikan di atas, maka beberapa saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah: (1) rekruitmen tenaga pengajar yang sesuai dengan bidangnya, melalui kerjasama dengan lembaga yang menyediakan tenaga pengajar, (2) kerjasama dengan lembaga pendidikan nasional atau instansi terkait lainnya untuk mengembangkan sumber dan bahan ajar, (3) mencari sumber dana alternatif untuk melengkapi kekurangan fasilitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam Tunagrahita | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:33 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45185 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |