To’at, Muhammad (2007) Upaya Guru Agama dalam mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAK Al-Ichsan Brangkal Sooko Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02110018.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (467kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini mengambil judul “Upaya Guru Agama Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mak Al-Ichsan Brangkal Sooko Mojokerto”. Yang sekaligus sebagai objek penelitian skripsi ini.
Pendidikan di tujukan untuk membentuk tingkah laku serta mengarahkannya kejalan yang benar. Pendidikan agama islam adalah usaha sadar yang merupakan pengajaran, bimbingan, dan latihan terhadap anak didik agar nantinya dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya serta menjadikannya sebagai jalan hidup sehari-hari. Hal ini semua tergantung lembaganya dalam menjembatani (mediator) anak didik dalam belajar. MAK. Yang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yangh ikut banyak adil danb bertanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan kepada anak didik. MAK Al-Ichsan Brangkal Sooko Mojokerto, sebagai lembaga pendidikan swasta, besar sekali peranan yang dimainkan dalam rangka membangun manusia seutuhnya. Dalam rangka berpartisipasi untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran yang diselenggarakan khususnya pembelajaran pendidikan agama islam sebagai media menanamkan nilai-nilai islam, kesemuanya itu tinggal bagaimana strategi guru dalam mengaplikasikan system pembelajaran, dan bagaimana pula guru mengembangkan strategi pembelajaran yang telah ada. Oleh karenanya penulis mencoba mengeksplorasi dengan suatu penelitian untuk mengungkap bagaimana strategi dan mengembangkan proses belajar mengajar (pembelajaran) pendidikan agama islam di MAK Al-Ichsan Brangkal Sooko Mojokerto.
Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif (rancangan studi kasus). Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi.
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah untuk pengelola lembaga pendidikannya yang berjumlah 19 orang, penulis hanya mengambil orang sebagai sample, yang terdiri dari kepala madrasah, pembantu kepala madrasah bidang kurikulum, pembantu kepala madrasah bidang kesiswaan, dan yang lain membidangi mata pelajaran agama. Dan dari 218 peserta didik penulis hanya mengambil 36 peserta didik (15%) untuk dijadikan sample.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa (1) proses pembelajaran berjalan dengan lancer sesuai dengan kalender pendidikan nasional, (2) cara mengembangkan dan meningkatkan belajar anak didik dimulai dari pengajar, (3) untuk membantu kualitas guru-guru MAK Al-Ichsan Brangkal Sooko Mojokerto dalam kegiatan MGMP dan penataran-penataran baik di tingkat daerah maupun di tingkat wilayah, (4) hasil belajar yang dicapai anak didik termasuk dalam criteria tinggi, dan (5) factor penunjang adanya minat pada diri anak didik dan kesadaran guru. Sedangkan factor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang masih kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Usman, Muchlis | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Strategi; Pembelajaran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:33 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45184 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |