Responsive Banner

Persepsi siswa tentang metode mengajar Guru PAI: Studi kasus di MI "Darul Ulum" Gondanglegi Malang

Kurniawati, Iis (2007) Persepsi siswa tentang metode mengajar Guru PAI: Studi kasus di MI "Darul Ulum" Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
01140080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul "Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru PAI (Studi Kasus di MI "Darul Ulum" Gondanglegi Malang). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang metode mengajar Guru PAI di MI "Darul Ulum" Gondanglegi Malang dengan mengkaji bagaimana metode mengajar Guru PAI di MI "Darul Ulum" Gondanglegi Malang, bagaimana persepsi siswa tentang metode mengajar Guru PAI di MI "Darul Ulum" Gondanglegi Malang dan faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang metode mengajar Guru PAI di Mi "Darul Ulum" Gondanglegi Malang.

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang dimulai dengan tahapan-tahapan menelaah seluruh data yang ada, melakukan reduksi data, penyusunan satuan, pengkategorian, pemerikasaan keabsahan data dan penafsiran data.

Hasil penelitian ini adalah bahwa persepsi siswa tentang metode mengajar Guru PAI di MI "Darul Ulum" Gondanglegi Malang adalah sudah baik misalnya, dalam kemampuan menggunakan metode, kemampuan mengkorelasikan dengan materi yang diimplemetasikan sudah sesuai dan bisa diterima dan difahami oleh siswa, begitu juga dari sebagian Guru PAI sudah bisa menggunakan bermacam- macam metode mengajar dalam PBM. Ada juga yang dalam menggunakan metode sudah baik dan bisa memotivasi siswa untuk bisa menerima dan memahami pada materi yang disampaikan. Walaupun ada dari sebagian Guru PAI yang kurang bisa menggunakan metode mengajar dengan tepat pada materi yang diajarkan, dan ada juga dari Guru PAI yang masih monoton dalam menggunakan metode mengajar yang hanya pada satu metode saja. Sehingga menimbulkan suasana kelas yang fakum dan siswa merasa jenuh untuk mengikuti PBM, akhirnya motivasi belajar siswa kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSahlan, AsmaunUNSPECIFIED
Keywords: Persepsi Siswa; Guru PAI
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 25 Jan 2023 14:32
Last Modified: 25 Jan 2023 14:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45176

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item