Adawiyah, Lailatul (2004) Dampak VCD terhadap nilai-nilai keagamaan siswa-siswi MTs Mansyaul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
99110779.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (540kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
VCD merupakan alat-alat Compact Disk, perekaman (ing:ideo recording). Perekaman sinyal televisi dengan tujuan untuk memperagakan gambar-gambar yang diperoleh, kelak atau sewaktu-waktu. Semula direkam secara cinema tografis dan film 166 mm (ing: band, tape), seperti halnya perekaman bunyi.
Pada pembelajaran PENDIDIKAN AGAMA ISLAM tujuan utamaya adalah menciptakan manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mempunyai keimanan serta mampu mengamalkan dan mengapresiasikan nilai-nilai agama dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan unutk mendeskripsikan dampak VCD Terhadap Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa MTs Mansya'ul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Dan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah apa faktor munculnya kaset VCD dalam lingkungan siswa, dampak dari kaset VCD tersebut serta usaha yang dilakukan oleh lembaga atau Madrasah terhadap pembinaan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM pada siswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sedangkan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, inteview, dokumentasi, dan angket. Untuk mengolah data yang terkumpul penulis menggunakan analisis deskriptif dan diperkuat dengan perhitungan prosentase dengan rumus: P = F x N x 100%
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor munculnya kaset VCD pengaruh lingkungan luar sekolah, pengaruh keluarga karena tekanan ekonomi, jadi dikarenakan orang tua mereka banyak yang bekerja di luar negeri sehingga mereka tidak ada yang memperhatikan, 2) dampak dari kaset VCD terhadap nilai-nilai keagaman terhadap peserta didik sangat dirasakan, hal ini terbukti bahwa mereka jarang melaksanakan kegiatan keagamaan serta sikap prilaku bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari, 3) upaya yang dilakukan oleh lembaga atau sekolah yaitu pendidikan di luar sekolah, seperti pendidikan di masjid atau pondok pesantren.
Sebagai akhir dari penyusunan penelitian skripsi ini penulis menyajikan beberapa kesimpulan dan saran yang ditujukan kepada lembaga sekolah, Guru Agama, serta para siswa guna pertimbangan bagi lembaga MTs Mansya'ul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Adapun kesimpulannya adalah bahwa dampak VCD tersebut terhadap nilai-nilai keagaman pada siswa sangat memprihatinkan, hal ini berpengaruh dalam rangka membentuk kepribadian manusia yang bertaqwa kepada Tuhan dengan melaksanakan kewajibannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | VCD; Nilai Keagamaan; Mts Mansyaul Ulum | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:32 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2023 09:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45170 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |