Purwanto, Budi (2009) Problematika dan solusi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Udanawu Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03140048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (814kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam Islam telah di jelaskan bahwa anak telah mempunyai pembawaan untuk beragama yang disebut fitrah, kemudian fitrah tersebut akan berjalan kearah yang benar bilamana memperoleh pendidikan agama dengan baik dan mendapatkan pengaruh yang baik pula dalam lingkungan hidupnya.
Usaha pengembangan serta pemeliharaan potensi tersebut dapat diwujudkan melalui pendidikan formal yang disebut sekolah. Karena pendidikan sekolahlah yang mempunyai tujuan yang jelas. Pendidikan agama Islam di sekolah harus mempunyai kualitas yang bagus dalam rangka membentuk kepribadian tersebut sehingga anak didik mampu menghadapi tantangan yang ada. Dalam rangka meningkatkan kualitasnya masih banyak terjadi hambatan- hambatan terutama dalam pembelajaran baik itu dari anak didik, pendidik, kurikulum maupun alat pendidikan.
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis mempunyai rumusan masalah yaitu problem apa saja yang dihadapi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, problem apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan solusi apa yang diberikan guru dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa Problematika yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar adalah Terbatasnya waktu, siswa kurang bisa membaca dan menulis ayat al-Qur'an. Problematika yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar adalah terbatasnya waktu, menghadapi macam-macam kualitas keagamaan siswa yang berbeda-beda. Solusi yang diberikan guru dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam pembelajaran PAI adalah memberikan tugas PR, membiasakan siswa untuk sering ke perpustakaan, menyarankan kepada para siswa untuk menambah sekolah ke madrasah diniyah malam atau TPA, mengadakan extra pelajaran pendidikan Agama Islam pada hari jum'at sore.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika; Solusi; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:32 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45135 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |