Royani, Muhammad Anwar (2009) Dampak motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03140034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (930kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi adalah suatu dorongan yang menggerakkan seseorang untuk melakukan suatu aktifitas. Seseorang tergerak untuk melakukan sesuatu itu karena berhubungan dengan kebutuhannya. Kerana kebutuhan terhadap sesuatu objek, seseorang termotivasi untuk berbuat dan bertindak guna memenuhi tuntutan kebutuhan tersebut, oleh karena itu seseorang akan termotivasi untuk melakukan sesuatu apabila terkait dengan kebutuhannya, jadi kebutuhan itu sebagai pendorong seseorang untuk melakukan suatu aktivitas.
Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar yang penting bagaimana menciptakan kondisi atau suatu proses yang menyerahkan siswa itu untuk melakukan aktivitas belajar. Oleh karena itu, peran guru dalam hal ini sangat penting. Bagaimana guru melakukan usaha-usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan motivasi agar siswa dapat melakukan aktivitas belajar dengan baik. Untuk belajar dengan baik diperlukan proses dan motivasi yang baik pula.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis membahasnya dalam skripsi ini dengan mengambil judul "Motifasi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen Kabupaten Trenggalek”. Dengan pokok rumusan masalah, Bagaimana upaya guru dalam memotivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen Kabupaten Trenggalek? Kendala yang dihadapi oleh guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen Kabupaten Trenggalek? Upaya apa yang dilakukan dalam Memotifasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen Kabupaten Trenggalek?
Ketiga rumusan masalah itu, peneliti mempunyai tujuan ingin mendeskripsikan tentang Untuk mengetahui Bagaimana Dampak Motivasi Guru Tehadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Untuk mengetahui, Kendala apa yang dihadapi oleh Guru Dalam Memotivasi Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, Untuk mengetahui upaya Guru dalam memotivasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek
Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan naturalistik dengan alasan ingin mencari dan menemukan fenomena yang memiliki latar belakang konteks tertentu. adapun prosedur pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk memeriksaan keabsahan data yang telah diperoleh, peneliti mengandalkan teknik triangulasi dengan memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data primer untuk keperluan pengecekan keabsahan data sekaligus sebagai bahan pembanding terhadap data yang telah didapatkan. Sebagai alat analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis induksi dengan mengkomparasikan buku-buku yang membahas tentang motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Guru; Prestasi; Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:32 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45131 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |