Anggraenie, Lutfia (2009) Peran kepala sekolah dalam membina Al-Akhlak Al-Karimah siswa SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03140032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Globalisasi merupakan suatu tantangan yang harus di hadapai oleh umat manusia termasuk umat Islam. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta modernisasi disegala bidang adalah salah satu yang harus di hadapi oleh umat manusia terutama para pelajar. Arus globalisasi yang berimbas perkembangan global yang ditandai berbagai trend antara lain memasyarakatkannya penggunaan jaringan internet, siaran televisi satelit, jika tidak pandai-pandai dalam mengkonsumsinya bisa menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap tatanan kehidupan masyarakat dan juga kehidupan pribadi masing-masing terutama para pelajar.
Dalam hal ini kepala sekolah memegang peranan yang pertama dan utama dalam proses pembinaan akhlakul karimah peserta didiknya. Maka aspek yang perlu diresapkan dalam rangka pembinaan akhlak adalah dengan melaksanakan pembinaan akhlak yang terprogram dan terencana. Karena itu sudah menjadi kewajiban bagi setiap peserta didik untuk selalu melaksanakan ajaran agama Islam dan menjujung tinggi ajaran agama dalam hidup dan kehidupan. Berkaitan dengan hal tersebut maka skripsi ini mengkaji tentang “Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Al-Akhlak Al-Karimah iswa SMP Islam Ma’arif 02 Malang” dan masalah yang diteliti adalah : 1. Bagaimana kondisi Akhlak siswa di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. 2. Bagaimana peran Kepala Sekolah di SMP Islam Ma’arif 02 Malang dalam membina Al-Akhlak Al-Karimah terhadap siswa. 3. Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pembinaan Al-Akhlak Al-Karimah yang di lakukan oleh kepala sekolah di SMP Islam Ma’arif 02
Malang.
Sedangkan metode yang penulis gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi : Observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Setelah data terkumpul kemudian di analisis melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut : Kondisi Akhlak siswa di SMP Islam Ma’arif 02
Malang siswa yang ada di SMP Islam Ma’arif 02 Malang sudah cukup bagus dan dalam menciptakan anak yang soleh soleha yang mempunyai Al-Akhlak Al- Karimah Dan adanya kerja sama antara guru, orang tua dan instasi yang terkait apabila seorang siswa berkelakuan yang kurang baik di dalam sekolah atau luar sekolah dinasehati supaya tidak berkelajutan. Peran Kepala Sekolah dalam membina akhlakul karimah siswa SMP Islam Ma’arif 02 Malang Kepala sekolah menganjurkan bahwa kepada Pembina-pembina guru agama agar anak-anak itu tidak sekedar di ajari pinter didalam teori saja tapi lebih dari itu di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah.
Faktor yang mendukung pembinaan Al-Akhlak Al-Karimah siswa SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Kegiatan keagamaan ceramah agama, pondok romadhon, ekstrakulikuler yang sifatnya adalah yang mendukung untuk menciptakan anak yang soleh soleha yang mempunyai akhlaqul karimah. Di samping itu juga upacara setiap hari senin ditujukan untuk pembinaan agama Islam sekolah. (1) Adanya kebersamaan dalam diri masing-masing kepala sekolah dalam membina akhlakul karimah (2) Motivasi dan Dukungan dari kedua orang tua. Faktor yang Penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Lingkungan masyarakat kalau tidak mendukung misalnya masyarakat masih terdapat misalnya minum-minuman keras, kenakalan remaja, narkoba. lingkungan keluarga tidak mendukung tidak mengenal masalah agama oleh karena itu anak didiknya juga sulit untuk di didik diarahkan menjadi anak soleh soleha mempunyai akhlaqul karimah.
Kepala Sekolah merupakan barometer siswa suksesnya pendidikan Agama pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah siswa terwujud dengan baik, maka kuncinya terletak pada kesiapan, kemauan dan kemampuan kepala Sekolah dan hal tersebut dapat di dukung dengan adanya peran yang lebih terfokus pada pemberian materi dan kegiatan yang lebih menitik beratkan pada pembinaan akhlakul karimah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Al-Akhlak Al-Karimah; Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:32 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45126 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |