Fitria, Rina (2009) Strategi optimalisasi peran Komite Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03140021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (733kB) |
Abstract
ABSTRAK
Keterlibatan masyarakat terhadap pendidikan terwadahi dalam organisasi Komite Madrasah yang dibentuk oleh setiap satuan pendidikan. Organisasi ini bertujuan agar aspirasi dan prakarsa masyarakat tersalurkan, tanggung jawab, peran masyarakat dan suasana transparan, akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan pendidikan benar-benar terwujud. Agar tujuan tersebut tidak sekedar menjadi slogan belaka, maka diperlukan strategi agar peran yang dimiliki oleh Komite Madrasah bisa optimal dan dapat melahirkan kontribusi bagi pendidikan sehingga mutu pendidikan semakin meningkat.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat dirumuskan suatu rumusan masalah, pertama, bagaimana peran yang dijalankan oleh Komite Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN Malang I. Kedua, Kontribusi Komite Madrasah terhadap peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kemampuan profesional dan peningkatan kesejahteraan guru. Ketiga, strategi apa yang digunakan Kepala Madrasah agar peran Komite Madrasah lebih optimal sehingga mutu pendidikan di MIN Malang I meningkat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Ada 3 tahapan metode yang digunakan peneliti yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini dengan mencatat data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, mengorganisasikan data, memilah-milahnya untuk menjawab rumusan masalah kemuadian mencari dan menemukan makna yang terkait dengan rumusan masalah.
Hasil penelitian, pertama, peran Komite Madrasah yaitu sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), pendukung (supporting agency), pengontrol (controlling agency) dan mediator telah Komite Madrasah jalankan dengan baik Kedua adanya kontribusi nyata dalam peningkatan mutu pendidikan tentang adanya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kemampuan profesionalisme dan peningkatan kesejahteraan guru di MIN Malang I.,Ketiga Strategi yang digunakan Kepala Madrasah dalam usaha meningkatkan peran Komite Madrasah agar lebih optimal adalah 1). membangun kepercayaan kepada stakeholders, 2). membangun rasa kekeluargaan antar kekuarga besar MIN, dan
3). memberikan wewenang kepada orang yang mempunyai komitmen dan expert.
Dari hasil tersebut peneliti menyarankan agar strategi tersebut tetap dipertahankan dan lebih dikembangkan agar peran Komite Madrasah lebih optimal sehingga mutu pendidikan di MIN Malang I semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mutu Pendidikan; Komite Madrasah; Strategi Optimalisasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45121 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |