Arifin, Kholili Ahmad (2009) Upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 2 Klakah Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03110272.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (865kB) |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan formal pada umumnya, karena bagi peserta didik guru dijadikan tokoh teladan bahkan menjadi tokoh identifikasi diri. Seorang guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam proses belajar mengajar. Guru tidak semata-mata mentransfer ilmu pengetahuan saja, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntut siswa dalam mengajar. Pengarahan disini dapat dapat berupa memberikan motivasi kepada siswa, karena didalam proses belajar mengajar motivasi memegang peranan yang sangat penting. Motivasi tidak dapat dipisahkan dari aktivitas belajar. Siswa tidak akan mempelajari sesuatu bila hal itu tidak menyentuh kebutuhannya.
Motivasi adalah syarat mutlak dalam belajar. Sering kali terdapat anak yang malas, suka membolos dan sebagainnya. Adapun yang sering terjadi di sekolah-sekolah formal banyaknya siswa yang tidak ikut pelajaran disaat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang tidak disenangi sedang berlangsung, hal ini terlihat pada absensi mata pelajaran pendidikan agama Islam ketika sedang berlangsung dan banyaknya siswa yang malas untuk belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian guru pendidikan agama Islam tidak berhasil memberikan motivasi yang tepat untuk mendorong agar siswa bekerja dengan segenap tenaga dan pikirannya. Berangkat dari latar belakang tersebut maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri 2 Klakah Lumajang,
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri 2 Klakah Lumajang, untuk mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan motivasi belajar PAI siswa SMP Negeri 2 Klakah Lumajang, untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat motivasi belajar PAI siswa SMP Negeri 2 Klakah Lumajang
Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian diperoleh: 1. upaya yang dilakukan oleh guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Klakah Lumajang yaitu: dengan mengadakan kompetisi, memberikan angka, mengadakan ulangan, memberikan tugas, ganjaran, menumbuhkan minat dan menjelaskan tujuan akhir pelajaran. 2. Faktor-faktor yang menimbulkan motivasi belajar PAI di SMP Negeri 2 Klakah Lumajang yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. 3. Faktor-faktor yang menghambat motivasi belajar PAI siswa antara lain adanya pengaruh dari teman, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa dan kondisi keluarga dari siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Agama; Motivasi Belajar PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45118 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |