Wahyudi, Imam (2009) Konsep pendidikan tinggi di Indonesia: Studi komparatif antara Azyumardi Azra dan H.A.R. Tilaar tentang Visi dan Misi, Paradigma, Kurikulum, Tenaga Kependidikan dan Manajemen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110231.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (641kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan formal di Indonesia memiliki beberapa tingkatan atau jenjang, salah satunya pendidikan di tingkat tinggi. Pendidikan di tingkat tinggi merupakan jenjang terakhir dari rangkaian jenjang pendidikan. Pendidikan di tingkat tinggi mempunyai beberapa konsep yang penerapannya saling berkesinambungan satu dengan yang lainnya. Konsep Perguruan Tinggi meliputi visi dan misi, paradigma baru, kurikulum, tenaga kependidikan dan manajemen pendidikan.
Konsep Perguruan Tinggi yang menjadi ide Azyumardi Azra dan H.A.R Tilaar merupakan salah satu contoh konsep yang baik dan patut diterapkan. Azyumardi Azra dan H.A.R Tilaar adalah tokoh pendidikan yang mempunyai peranan penting terhadap pengembangan mutu Perguruan Tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, rumusan masalah pada skripsi ini adalah bagaimana konsep pendidikan di Perguruan Tinggi menurut Azyumardi Azra dan H.A.R. Tilaar yang meliputi visi dan misi, paradigma baru, kurikulum, tenaga kependidikan dan manajemen serta dimana letak perbedaan dan persamaan konsep-konsep dari kedua tokoh tersebut. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis konsep visi dan misi, paradigma baru, kurikulum, tenaga kependidikan dan manajemen pendidikan di Perguruan Tinggi menurut Azyumardi Azra dan H.A.R. Tilaar serta menganalisis letak perbedaan dan persamaan konsep visi dan misi, paradigma baru, kurikulum, tenaga kependidikan dan manajemen dari kedua tokoh tersebut. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilaksanakan secara bertahap pada beberapa sektor yang mempunyai peranan penting. Mutu Perguruan Tinggi yang baik mampu menghasilkan output yang kompeten dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep pendidikan di Perguruan Tinggi menurut Azyumardi Azra dan H.A.R Tilaar, pada aspek perbedaan dan persamaannya. Obyek dalam penelitian ini adalah pemikiran-pemikiran Azyumardi Azra dan H.A.R Tilaar mengenai konsep pendidikan di perguruan tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang berusaha menghasilkan pemecahan masalah berdasarkan data yang diperoleh meliputi penyajian, penganalisaan, dan penginterpretasian. Obyek dalam penelitian ini adalah pemikiran-pemikiran yang telah diberikan Azyumardi Azra dan H.A.R. Tilaar mengenai konsep pendidikan di Perguruan Tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode dokumentasi. Dokumentasi merupakan metode pengumpulan data dengan cara melihat, mempelajari dengan menggunakan laporan-laporan, catatan-catatan, dan arsip-arsip yang ada serta bahan-bahan yang berkaitan dengan skripsi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode perbandingan tetap (constant comparative method) karena dalam analisis data, secara tetap membandingkan satu dantum dengan dantum yang lain, dan kemudian secara tetap membandingkan kategori dengan kategori lainnya. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kepustakaan (library reasearch).
Konsep pendidikan di tingkat tinggi menurut Azyumardi Azra dan H.A.R Tilaar pada dasarnya adalah sama yaitu bertujuan untuk perbaikan kualitas pendidikan secara berkesinambungan. Perbedaan konsep terletak pada cara atau langkah yang digunakan dalam perbaikan kualitas Perguruan Tinggi. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan tujuan akhir yang diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap output perguruan tinggi ke arah yang lebih baik. Berdasarkan uraian tersebut diatas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa konsep pendidikan yang baik mempunyai peranan penting bagi kelangsungan Perguruan Tinggi beserta outputnya. Output Perguruan Tinggi adalah lulusan mahasiswa yang mempunyai kemampuan daya saing dan kualitas yang baik untuk memenuhi kebutuhan stakeholder. Peningkatan mutu pendidikan secara berkesinambungan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan stakeholder dan juga menciptakan keunggulan kompetitif dibidang ilmu pengetahuan, penguasaan teknologi dan pengembangan teori-teori baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Pendidikan; Perguruan Tinggi; Perbandingan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:35 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45111 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |