Haqq, Mushlihah Ul (2009) Peranan Full Day School dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110223.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (579kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sistem pembelajaran full day school merupakan salah satu kreasi dan inovasi pembelajaran untuk menjadikan sekolah unggul, inovatif serta kreatif dengan sistem pembelajaran terpadu yang berlandaskan iman dan takwa (imtak), serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Sistem pembelajaran full day school menuntut kehadiran siswa di sekolah selama sehari penuh dengan diberlakukannya penambahan jam pelajaran agar siswa mampu mendalami setiap mata pelajaran dengan jatah waktu yang proporsional. Kualitas pengajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa merupakan hal yang harus diupayakan karena lamanya waktu belajar tanpa disertai kegiatan akademik yang bermutu tidak akan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, bahkan justru dapat membelenggu dan menyita hak siswa serta kurang memperhatikan kreativitas siswa sehingga berpotensi menimbulkan stress. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji “peranan full day school dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs. Surya Buana Malang”.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan full day school di MTs. Surya Buana Malang, 2) apa faktor pendukung dan penghambat penerapan full day school di MTs. Surya Buana Malang, dan 3) bagaimana peranan full day school dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs. Surya Buana Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data berupa kata-kata dalam penelitian ini diperoleh penulis melalui wawancara dengan orang-orang yang dapat dipercaya kevalidan informasinya, seperti kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru dan siswa. Data ini dicatat secara tertulis setiap kali penulis mengadakan wawancara di lapangan. Sedangkan sumber data berupa tindakan diperoleh penulis dengan mengamati langsung proses pembelajaran sistem full day school dan peranannya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs. Surya Buana Malang. Untuk memperoleh data yang valid dan akurat, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah penulis lakukan di MTs. Surya Buana Malang
adalah bahwa penerapan sistem pembelajaran full day school di MTs. Surya Buana Malang berjalan dengan baik karena pola pembelajarannya sangat mendukung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dilihat dari proses belajar mengajar yang berlangsung, guru menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan setting pembelajaran yang berbeda dalam suasana pembelajaran 3M (menyenangkan, mengasyikkan dan mencerdaskan). Selain itu, madrasah juga memacu dengan program peningkatan prestasi belajar siswa, seperti bimbingan belajar, tutor sebaya, belajar dengan kantong ebtanas/UAN dan kantong belajar, pondok ebtanas/UAN, raport bulanan, try out bulanan, studi empiris, point kedisiplinan, dan gebyar seni. Diantara faktor pendukung penerapan sistem pembelajaran full day school di MTs. Surya Buana Malang adalah kualitas guru, dukungan orang tua siswa, kesadaran siswa dalam mengikuti program pendidikan, lingkungan belajar yang kondusif, sistem kelas kecil, metode pembelajaran yang bervariasi dan suasana kekeluargaan dalam proses belajar mengajar. Sedangkan faktor penghambat penerapan sistem pembelajaran full day school di MTs. Surya Buana Malang adalah kesiapan siswa beradaptasi dengan sistem pembelajaran membutuhkan waktu yang cukup karena latar belakang pendidikan yang berbeda, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kejenuhan siswa saat pelajaran berlangsung dan keterbatasan dana. Upaya dalam mengatasi faktor penghambat penerapan sistem pembelajaran full day school di MTs. Surya Buana Malang adalah mendongkrak prestasi siswa dengan mengadakan pembinaan khusus (bimbingan belajar), layanan yang baik, serta pembinaan ekskul yang maksimal; menggali dana dari masyarakat untuk pembangunan sekolah dan peningkatan proses pembelajaran; perekrutan guru-guru yang potensial; diadakan pertemuan rutin (rapat rutin) antara guru, kepala sekolah dan karyawan setiap hari sabtu, sebagai wujud adanya kontrol terhadap proses pembelajaran dan penyelenggaraan sekolah; dan membuka usaha kesejahteraan warga sekolah. Sistem pembelajaran full day school ini memiliki peranan penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar di MTs. Surya Buana Malang. Tercapainya tujuan full day school pada siswa tercermin dari prestasi yang diraih oleh siswa, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Dengan demikian, sistem pembelajaran full day school ini memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs. Surya Buana Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Syahid, M. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Full Day School; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45107 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |