Sururi, Muhammad (2010) Metode Tazkiyat al-Nafs Syeh Ibnu Atha’illah dan Implikasinya dalam Pendidikan Akhlak siswa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110195.pdf - Additional Metadata Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (838kB) |
Abstract
ABSTRAK
Adanya Degradasi moral siswa seperti yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia menuntut adanya pendidikan akhlak siswa, yang mana dengan pendidikan akhlak menjadi alat atau sebuah metode untuk membentuk kembali jiwa yang terganggu. Sehingga jika dikaitkan kembali dengan konsep Tazkiyah al-Nafs, konsep ini menjadi sebuah metode dalam memberikan pendidikan akhlak, sebuah metode yang mengupayakan penyucian jiwa yang terinternalisasi dalam ahklakul karimah. Dengan harapan jiwa yang telah suci dan bersih yang akan bertingkah laku sesuai dengan tatanan dan tuntunan syariat islam. Hal tersebut karena pada dasarnya yang harus dibenahi dan dibimbing adalah hatinya bukan yang lain, karena apabila hati itu baik maka akan melahirkan akhlaq yang baik pula, begitu juga sebaliknya apabila hati itu jelek maka akan mlahirkan akhlak yang jelek pula. Jadi metode pemberian nasihat maupun ganjaran saja belum cukup tanpa adanya pembersihan hati untuk mendidik moral seorang anak. Namun demikian, bagaimanakah konsep tazkiyah al- nafs menjadi sebuah metode yang diterapkan di sebuah lembaga sekolah dalam upaya membentengi aqidah dari ”kikisan” zaman, serta membina dan mendidik akhlak siswa yang mana mereka masih berada pada masa transisi, sehingga emosinya masih labil, hal yang demikian itulah yang membutuhkan sebuah pemecahan. Berangkat dari permasalah- permasalahan tersebut, yaitu adanya dekadensi moral siswa serta gangguan-gangguan yang dialami oleh jiwa, penulis mengangkat sebuah permasalahan yang berjudul “Metode Tazkiyat al-Nafs Syeh Ibnu ’Atha’illah dan Konsep Operasionalnya dalam Pendidikan Akhlak Siswa”. Penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat mengetahui bagaimana konsep tazkiyah al- Nafs dapat membina serta mendidik akhlak yang dimiliki manusia.
Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui secara spesifik bagaimanakah konsep tazkiyat al-nafs yang dicetuskan oleh Syeh Ibnu Atha’illah serta mengetahui bagaimanakah implikasinya dalam pendidikan akhlak siswa. Adapun harapan adanya skripsi ini menjadi tambahan khazanah keilmuan dan menambah wawasan keilmuan.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif analis kritis. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan berbagai macam buku-buku, majalah, makalah, artikel jurnal dan lain-lain. Sedangkan untuk analisis data, penulis menggunakan teknik analisis isi ( content analisis) suatu teknik analisis untuk mendeskripsikan data secara obyektif, sistematis, kemudian menarik kesimpulan yang benar dari data tersebut.
Hasil dari penelitian ini merupakan sebagai jawaban adanya degredasi moral siswa yang berdasarkan analisis penuli adalah berasal dari kecenderungan mengikuti hawa nafsunya. Adapun metode yang digunakan konsep tazkiyat al-nafs ini antara lain dengan metode mujahadah dan riyadhah, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode kisah, metode nasihat sehingga dengan ini akan terbentuk sebuah akhlak yang sesuai dengan ajaran Islam. Kalaupun masih ada metode lain yang lebih baik dari apa yang disampaikan dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
ABSTRACT
The existence of such students' moral degradation that occurred in major cities in Indonesia requires the moral education of students, in which the moral education becomes a tool or a method to reshape the troubled soul. So if linked back to al-Nafs Tazkiyah concept, this concept became a method of providing moral education, a method that seeks purification of the soul which internalized in ahklakul karimah. With life expectancy that has been sacred and the net will behave in accordance with the order and guidance of the Shari'a of Islam. This is because basically that must be addressed and guided the heart rather than the other, as if heart is good then it will bear a good moral too, and vice versa when the liver is bad then it will mlahirkan bad morals as well. So the method of giving advice or reward just is not enough without a moral cleansing the liver to educate a child. Nevertheless, how the concept of al-nafs Tazkiyah become a method that is applied at a school in an effort to fortify the institutions aqeedah from "scraping" of the day, as well as nurture and educate students which character they are still in transition, so that his emotions are still unstable, it so that's in need of a solution. Departing from the problem-the problem, namely the students 'moral decadence and the disturbances experienced by the soul, the authors raise an issue, entitled "Method Tazkiyat Nafs al-Shaykh Ibn' Atha'illah and operational concept in Morals Education Students." This research was conducted with the hope to find out how the concept of al-Nafs Tazkiyah to nurture and educate the morality of human beings.
Purpose of this study is to determine specifically how the concept of al-nafs tazkiyat triggered by Sheikh Ibn Atha'illah and find out how its implications in moral education students. The expectation of this research into additional treasury of scientific and increase the depth of knowledge.
Research conducted by the author is included in the descriptive qualitative research analyst critical. In collecting data, the authors use the method of documentation, that is by collecting various kinds of books, magazines, papers, journal articles and more. As for data analysis, the authors use the technique of content analysis (content analysis) is an analytical technique for describing data objectively, systematically, and then draw the correct conclusions from these data.
The results of this study is in response to the moral degradation of students who penuli analysis is derived from the tendency to follow desires. The method used the concept of al-nafs tazkiyat include Mujahadah method and riyadhah, exemplary methods, conditioning methods, methods of story, so with this advice method would created a character who according to Islamic teachings. Even if there are other methods better than what is presented in this thesis, then it can be used as an input or an additional for this thesis continues to grow and do not stop here.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode; Tazkiyat Al-Nafs; Konsep Operasional; Pendidikan Akhlak Siswa; Methods; Tazkiyat Al-Nafs; Concept of Operations; Morals Education Students | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45105 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |