Jelani, Jelani (2011) Analisis pengaruh Desain Produk PT. Unilever terhadap keputusan penggunaan Produk Shampo Sunsilk di Ma’had Putra Sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Semakin kompetitifnya persaingan dalam dunia industri-industri perawatan dan kesehatan tubuh yang semakin menjamur dihadapan konsumen, menambah semakin banyaknya inovasi yang dilakukan oleh para produsen dalam memasarkan produknya, dan semakin selektif konsumen dalam memilih produk yang akan mereka gunakan. Desain menjadi salah satu potensi cara yang paling sesuai untuk mendiferensiasikan dan memposisikan produk dan jasa perusahaan. Pasar akan cepat berubah mengikuti jaman, harga, dan teknologi tidaklah cukup. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan keputusan pembelian, salah satu caranya melalui desain produk. Desain merupakan faktor yang akan sering menjadi keunggulan perusahaan. Dengan menggunakan desain yang menarik dan efisien maka akan semakin memikat minat konsumen untuk menggunakan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain produk yang terdiri dari merek, kemasan, pelabelan, pelayanan, dan garansi/ jaminan terhadap keputusan penggunaan produk shampoo sunsilk.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode survei dengan Jumlah sampel yang di teliti sebanyak 74 responden dengan teknik pengambilan sampel Judgmental Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan statistik diskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan asumsi klasik yaitu aurokorelasi, multikolinieritas, heteroskedasitas dan normalitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa desain produk berpengaruh secara signifikan baik simultan maupuan parsial terhadap keputusan penggunaan produk shampoo sunsilk. Variabel-variabel desain produk mampu mempengaruhi keputusan penggunaan sebesar 92,9%. Adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan penggunaan adalah variabel merek.
ABSTRACT
The more competition in the world of competitive industries and health care are increasingly spreading in front of the body of consumers, adding to the increasing number of innovations made by the producers in marketing their products, and consumers ate increasingly selective in choosing products they will use. Design is one of the most appropriate potential way to differentiate and position the company's products and services. The market will quickly change to keep pace with prices, and technology is not enough as well. Therefore, we need the right strategy to increase the purchasing decision of one way through product design. Design is a factor that will often be a superior company. By using an attractive and efficient design more it will attract interest of consumers to use products. This study aims at determining the effect of product design consisting of branding, packaging, labeling, service, and warranty against the decision to use Sunsilk shampoo products.
This research was conducted based on a survey method with the precise amount of the sample by 74 respondents with sampling judgmental sampling technique. The data obtained are processed by descriptive statistics and multiple linear regression analysis through considering the classical assumption that aurokorelasi, multicollinearity, and normality heteroskedasitas.
The results showed that significant product design both simultaneously or partial to decision Sunsilk product usage. Product design variables can influence the decision to use amounted to 92.9%. The variables that influence the decision use the most dominant brands which is variable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Desain Produk; Keputusan Penggunaan; Product Design; Decision Usage | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:43 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45104 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |