Mauludi, Agus Nur (2009) Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Autisme di Sekolah Khusus Bunga Mekar, Pare, Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03110217.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (839kB) |
Abstract
ABSTRAK
Upaya untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pendidikan seakan- akan tidak pernah berhenti. Beragam program-program inovatif yang telah, sedang dan akan dilaksanakan dalam hal pendidikan, termasuk dalam hal restrukturisasi model-model dalam penggunaan media pembelajaran dan pemilihan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Dari sekian banyak generasi penerus yang ada di masyarakat pada umumnya, ada sebagian kecil dari mereka yang kurang beruntung, karena mengalami atau memiliki kelainan baik dari segi fisik, mental, perilaku dan ataupun campuran. Anak autisme adalah sebagai salah satu contoh untuk bahan kajian penelitian dalam penggunaan media Pembelajaran pendidikan Agama Islam.
Berpegang dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran yang terdapat didalamnya rumusan masalah yaitu Bagaimanakah pelaksanaan penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Autisme di sekolah khusus “Bunga Mekar” Pare, Kediri, dan Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak autisme di sekolah khusus “Bunga Mekar” Pare, Kediri tersebut.
Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah khusus ”Bunga Mekar” Pare, Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan interview. Kemudian data yang telah terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media
pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak autisme di sekolah Khusus
”Bunga Mekar” Pare Kediri secara keseluruhan menggunakan media gambar, permainan, balon untuk senam, dan tangga titian, media gambar/lukisan, seperti gambar huruf hijaiyah, gambar orang wudhu, gambar orang shalat. Faktor Pendukung dan Penghambat penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak autisme yaitu kesadaran dan semangat pendidik serta Sikap orang tua untuk membantu anak-anaknya yang terbelakang mental agar mampu berdiri sendiri dan mencapai tingkat kemampuan yang maksimal. Belum adanya buku pegangan khusus Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik autis dan hasil pembelajarannya belum bisa diketahui secara jelas karena tidak ada raport.
Setelah penulis mengadakan penelitian, pembahasan serta pemahaman terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Autisme Di Sekolah Khusus “Bunga Mekar” Pare, Kediri dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penggunaan media pembelajaran sangat menguntungkan bagi peserta didik dan dapat membantu mereka untuk memahami Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Autisme | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:35 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45103 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |