Mufarrihah, Atiya Sa’adatul (2010) Peran serta orang tua berpendidikan tinggi dalam menanamkan kepribadian Muslim pada Anak Didik Usia SD-SMA: Study kasus di RT: 01 RW: 01 Merjosari Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05110157.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (663kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Anak adalah amanah yang harus dijaga dan dididik dengan penuh kasih sayang. Oleh karenanya, orang tua memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kelangsungan kehidupan anak. Orang tua juga memiliki peranan penting dalam pendidikan anak. Karena, pendidikan utama seorang anak berada dalam keluarga. Karena berkembangnya zaman, pergaulan anak semakin meluas. Dan jika tidak bisa menjaga diri akan terjerumus pada hal yang negatif, seperti beberapa kasus pergaulan bebas yang dilakukan banyak pelajar akhir-akhir ini. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi ini dan mengambil judul Peran Serta Orang Tua Berpendidikan Tinggi dalam Menanamkan Kepribadian Muslim Pada Anak Didik Usia SD-SMA (Study Kasus di RT:01 RW:01 Merjosari Lowokwaru Malang).
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan orang tua sebagai sarana penanaman kepribadian muslim dalam keluarga, untuk mendeskripsikan hal yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan tersebut dalam keluarga, untuk mendeskripsikan metode orang tua dalam menanamkan pribadi muslim pada anak, untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi orang tua dalam proses menanamkan kepribadian muslim anak didik, untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan pribadi muslim pada anak didik.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, karena dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena- fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, interview, dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif (non statistic), yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu, pertama, kegiatan keagamaan yang dilakukan dalam keluarga sudah cukup baik. Seperti shalat berjama’ah, membaca al-Qur’an, membaca do’a-do’a sebelum melakukan aktifitas semua itu memiliki latar belakang yang hamper sama yaitu ingin anaknya menjadi orang yang baik dan memiliki pribadi sesuai ajaran agama Islam. Kedua, cara/ Metode yang dilakukan orang tua sudah baik. Seperti, menasehati, memberi teladan, pembiasaan, hukuman dan hadiah yang berdampak baik terhadap pribadi anak. Ketiga, problem yang dihadapi orang tua tidaklah sulit. Maksudnya, orang tua mudah mengarahkan anaknya melakukan hal-hal yang sesuai kepribadian muslim, karena memang sudah menjadi pembiasaan sejak kecil. Keempat, peran serta orang tua dalam menerapkan kepribadian muslim pada anak sudah baik. hal ini bisa dibuktikan, bahwa banyak warga RT:01 RW:01 Merjosari yang lebih suka mengontrol pergaulan anaknya baik dalam dan di luar keluarga. Daripada membiarkannya bermain semaunya. Hanya saja, hal ini perlu dukungan dari lingkungan warga sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Orang Tua; Kepribadian Muslim; Anak Didik | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:35 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45101 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |