Zahidi, Salman (2009) Peran komite Madrasah dalam peningkatan mutu tenaga kependidikan di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110160.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (422kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam upaya meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar, perlu adanya juga peningkatkan i-nutu tenaga kependidikan yang profesional yang tentu ditunjang dengan peran komite inadrasah sebagai dewan yang member' pertimbangan, pendukung, pengontrol dan mediator dalam pengelolaan pendidikan. Begitu pentingnya peran komite madrasah dalain ikut meningkatkan kualitas pendidikan, maka penulits mencetuskan sebua judul "Peran Komite Madrasah dalam Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik" yang diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang pentingnya mutu tenaga kependidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peraii komite madrasah dalam peningkatan mutu tenaga kependidikan di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat komite madrasah dalam peningkatan mutu tenaga kependidikan di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran komite madrasah dalam peningkatan mutu tenaga kependidikan adalah dengan memberikan informasi, kesempatan dan akomodasi kepada guru untuk mengikuti pelatihan atau studi lanjut dengan mengundang pakar untuk memberikan tambalian ilmu dan tukar pengalaman dengan guru dalam rangkah meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan. (2) Faktor yang mendukung komite madrasah dalam peningkatan mutu tenaga kependidikan adalah adanya kerja sama dengan lembaga pelatihan guru, Kepala inadrasaii selalu aktif dalam rapat musyawarall inengenai peningkataii mutu kependidikan madrasah. (3) Faktor yang menghambat komite madrasah dalam peningkatno mutu tenaga kependidikan di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Pertama, adalah tanggung jawab bersama dalam berperan aktif meningkatkan mutu pendidikan masih kurang maksimal. Kedua kurangnya partisipasi masyarakat atau orang tua dalam memberikan aspirasi mengenai kualitas tenaga kependidikan. Ketiga masili kurangnya kedisiplinan dan mengatur kelancaran organisasi dan keempat setiap rapat sebagian anggota yang tidak terlibat. Selain itu yang menghambat komite madrasah dalam peningkatan mutu tenaga kependidikan adalah masih berkutat masalah kesejaliteraan para guru sehingga sangat berpengaruh pada kualitas clan mutu kinerja tenaga kependidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahmawati, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komite Madrasah; Mutu Tenaga Kependidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45095 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |