Faridah, Anis Nuzula (2011) Analisis Faktor keputusan Konsumen bertransaksi Online: Survei pada pengguna Transaksi Online di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mengingat semakin berkembangnya kemajuan teknologi informasi dan komunkasi (TIK/ICT) di era globalisasi seperti sekarang ini, menyebabkan budaya yang dekat dengan teknologi dan terutama yang sedang marak saat ini adalah transaksi online. Banyaknya bermunculan berbagai macam situs online yang menawarkan barang dengan cara transaksi online yang mempunyai resiko yang cukup tinggi. Salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keputusan konsumen bertransaksi online.
Tujuan penelitian ini adalah (a) Faktor-faktor apa yang menyebabkan konsumen bertransaksi online (b) manakah faktor dominan yang mendasari keputusan konsumen bertransaksi online.
Lokasi penelitian di Malang pada pengguna layanan transaksi online, adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas alat instrumen serta menggunakan analisis faktor.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor keputusan yang meliputi; Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT/TIK), E-Literasi, Privasi, Keamanan,Kepercayaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil rotasi dengan metode analisis faktor responden pengguna transaksi online disimpulkan bahwa 5variabel dapat direduksi menjadi 4 faktor yaitu;(a) Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT/TIK) (b) Kepercayaan (c) Keamanan (d) Privasi. Faktor yang paling dominan dipertimbangkan pengguna transaksi online untuk memutuskan bertransaksi online adalah factor Teknologi Informasi dan Komunikasi(ICT/TIK).
ABSTRACT
Considering the growing advancement in theinformation technology and communications technology (ICT) in the era of globalization, nowdays,it led to a culture that is close to technology and especially emerging recently is an online transaction that offers goods by that online transactions that have a high enough risk. One form of business can be done by knowing the factors that led to the decision of consumers to transaction online.
The purposes of this study are (a) what factors are causing consumers online to transaction (b) Where are the dominant factors that underlie consumer decision transact online.
Research in Malang are on the user online transaction services, while the tools of analysis used in this research is using reliability, validity test and test instrument, and factor analysis.
Variables used in this research are decision factors that include: information and communication technology (ICT) (b) E-literacy, Privacy, Security, Confidence.
These results indicate that, the results of the rotation method of factor analysis of respondents user online transactions concluded that the 5 variables can be reduced to 4 factors, named: (a) information and communication technology (ICT) (b) trust (c) the security (d) privacy. The most dominant factor to be considered to online transaction, the user decidesonline transaction is the factor of information and communication technology (ICT).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keputusan Konsumen; Faktor-faktor keputusan konsumen; Consumer Decisions; Consumer Decision Factors | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:39 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45078 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |