Nugroho, Ferdian Eko (2009) Aplikasi Model Pembelajaran Pakem dalam meningkatkan kreativitas, pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran PAI: Studi kasus kelas V di SDN Dinoyo III Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02140075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran pendidikan agama Islam dewasa ini terasa kurang efektif, salah satu faktor penyebabnya karena model pembelajaranya masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional. Sehingga kreativitas, pemahaman, kemampuan peserta didik memecahkan masalah kurang berkembang secara optimal. Atas dasar tersebut, perlu adanya suatu terobosan baru dalam PAI. Salah satu model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kreativitas, pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah adalah model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
Berangkat dari uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian
adalah sebagai berikut : (1) Apakah aplikasi model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan kreativitas, pemahaman dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V di SDN Dinoyo III Malang (2) Bagaimana aplikasi model pembelajaran PAKEM yang dapat meningkatkan kreativitas, pemahaman dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V di SDN Dinoyo III Malang.
Berdasarkan paparan di atas, peneliti menggunakan desain penelitian
tindakan kelas (Classrom action research) jenis kolaboratif parsipatoris, dengan model yang dikembangkan Dave Ebbut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan deskriptif kualitatif, sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan rumus statistik
P = Post Rate - Base Rate
Base Rate
100%
Keterangan:
P = Prosentase peningkatan
Post rate = Nilai rata-rata sesudah tindakan
Base rate = Nilai rata-rata sebelum tindakan
Aplikasi model pembelajaran PAKEM terbukti dapat meningkatkan kreativitas, pemahaman dan kemampuan peserta didik memecahkan masalah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Dinoyo III Malang. Dari hasil observasi data di lapangan menunjukkan bahwa kreativitas mengalami peningkatan dari pre test ke pos test dengan nilai rata-rata 1.11 menjadi 1.88 meningkat sebesar 69.37 %, pemahaman dengan nilai rata-rata
1.12 menjadi 2 meningkat sebesar 78 % sedangkan kemampuan memecahkan masalah dengan nilai rata-rata 1.12 menjadi 2.12 meningkat sebesar 89 %.
Aplikasi model pembelajaran PAKEM yang dapat meningkatkan
kreativitas, pemahaman dan kemampuan peserta didik memecahkan masalah pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Dinoyo III Malang yaitu dengan menggunakan strategi dan metode yang bervariasi seperti strategi team quiz, strategi learning start with a question, strategi cerita bergambar, strategi inquiry, metode problem solving, metode kontekstual, pemberian penghargaan/ rewards serta penggunaan modul dan media pembelajaran.
Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah (1) Bagi pihak sekolah
hendaknya menerapkan model pembelajaran PAKEM, karena terbukti dapat meningkatkan kreativitas, pemahaman dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN Dinoyo III Malang (2) Pada waktu PBM hendaknya pihak sekolah lebih menganjurkan kepada tenaga pengajar/ guru agar menggunakan strategi dan metode yang bervasiasi, pemberian penghargaan, menggunakan media pembelajaran dan modul (3) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pengaruh aplikasi model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan kreativitas, pemahaman dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik, menggunakan metode eksperimen dengan kelompok. Sehingga dapat menghasilkan penelitian yang lebih absah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rossidy, Imron | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; PAKEM; PAI; Kreativitas; Pemahaman; Kemampuan Memecahkan Masalah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:54 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45077 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |