Aftoni, Moch. Zainal (2009) Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran materi Al Qur’an Hadis di kelas XI semester II MA Mujahidin Kunjang Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02110309.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas/mutu proses belajar mengajar di kelas adalah kemampuan guru dalam mengajar. Sedangkan keberhasilan guru dalam mengajar tidak hanya ditentukan oleh hal-hal yang berhubungan langsung dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Seperti perumusan tujuan pengajaran dalam pembuatan rencana pembelajaran, pemilihan materi pelajaran yang sesuai, penguasaan materi pelajaran yang sesuai, pemilihan metode yang tepat serta lengkapnya sumber- sumber belajar dan yang memiliki kompetisi yang memadai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pendidikan merupakan salah satu upaya yang sedang diprioritaskan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam proses belajar mengajar al-Qur’an-Hadits ini diharapkan terjadinya perubahan dalam diri anak, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran Mata Pelajaran al-Qur’an-Hadits adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien.
Adapun fokus penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran materi al Qur’an Hadits dan upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran materi Al Qur’an Hadits di kelas XI semester II di MA Mujahidin Kunjang Kediri.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Adapun hasil penelitian ini adalah, pertama, Upaya yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Al Qur’an Hadits di MA Mujahidin Kunjang Kediri yaitu dengan pengaturan kondisi dan situasi belajar mengajar yang berupa lingkungan tempat belajar. Dan pengaturan kondisi organisasional yang merupakan kegiatan rutin di dalam kelas yang berupa buku daftar kelas, jadwal piket kelas dan apabila guru tidak hadir siswa melapor kepada guru piket. Kedua, kualitas pembelajaran Al Qur’an Hadits di MA Mujahidin Kunjang Kediri melalui pengelolaan kelas adalah sudah cukup baik yang dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik karena pengelolaan kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Al Qur’an Hadits yang dapat dilihat dari segi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang berupa perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan sistem pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya; Guru; Kualitas; Pembelajaran; Al Qur’an Hadits | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:53 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45072 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |