Mardiani, Fauriza Amin (2007) Peran media Audio Visual dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
00140035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (708kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan high technology mulai merambah dunia pendidikan, khususnya media yang digunakan dalam mengajar. Media yang digunakan dalam mengajarpun semakin bervariasi. Media yang digunakan tersebut dapat berupa visual, audio, dan media audio visual. Gambaran media audio visual yang berbentuk virtual, digital dan lebih dinamik menjadikan media ini disukai anak- anak. Implikasinya, jika setiap guru menjelaskan suatu pelajaran dengan media audio visual ini, siswa menjadi lebih bersemangat untuk memperhatikan serta memiliki motivasi belajar yang tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman Malang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MIJS, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV A, B dan C yang berjumlah 109 siswa. Teknik pengambilan sampel ini adalah purposive sampling.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media audio visual dalam proses pembelajaran serta peran media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar di MIJS Malang.
Instrumen penelitian ini menggunakan skala peran media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang berisi 20 aitem. Reliabilitas dari skala ini adalah α = 0, 8302. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan persentase dan skor standar untuk mengetahui tingkatan motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran media audio visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Ada 15 orang atau (14%) yang memiliki motivasi tinggi terhadap peranan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar, ada 75 orang atau (69%) yang memiliki motivasi sedang dan 19 orang atau (17%) memiliki motivasi rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka ada beberapa saran antara lain : (1) bagi para pendidik atau praktisi pendidikan, hendaknya lebih banyak menggunakan variasi dalam mengajar. Tidak hanya menggunakan metode yang monoton seperti : ceramah, meulis di papan tulis dan lain sebagainya. Hal ini dapat meyebabkan kejenuhan pada anak, sehingga mereka menjadi malas dan jemu dengan rutinitas yang itu-itu saja. (2) bagi para siswa, agar selalu menumbuhkan motivasi belajar dari dalam diri tanpa menggantungkan dari orang lain. (3) bagi peneliti, untuk lebih meluaskan cakupan variabel pembahasan, sehingga dapat menjelaskan peranan media selain audio visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media audio visual; motivasi belajar; siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:53 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45068 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |