Huda, Saiful (2009) Upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di SMP Plus Darussalam Lawang-Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02110306.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (420kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Di sekolah, anak didik belajar menurut gaya mereka masing-masing. Perilaku anak didik bermacam-macam dalam menerima pelajaran guru, seorang anak didik ada yang dengan tekun dan penuh konsentrasi menerima pelajaran dari guru dengan cara mendengarkan pelajaran guru atau mengerjakan tugas yang telah diberikan. Anak didik yang lain disela-sela penjelasan guru, mengambil kesempatan membicarakan hal-hal yang lain terlepas dari masalah pelajaran. Di waktu yang lain ada anak didik yang duduk melamun yang terlepas dari pengamatan guru, Itulah sebagai pertanda bahwa anak didik tidak mempunyai motivasi untuk belajar. Ketiadaan motivasi instrinsik ini merupakan masalah yang memerlukan bantuan yang tak bisa di tunda-tunda. Guru harus memberikan suntikan dalam bentuk motivasi ekstrinsik. Sehingga dengan bantuan itu anak didik dapat keluar dari kesulitan belajar.
Penelitian ini dirumuskan membahas hal-hal yang berkaitan dengan Bagaimana upaya Guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di SMP Plus Darussalam Lawang, Malang dan Bagaimana Kendala Guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di SMP Plus Darussalam Lawang, Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma Deskriptif-
Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, dokumentasi dan observasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Analisis kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik.
Upaya guru PAI di SMP Plus Darussalam Lawang Malang dalam memotivasi belajar siswa sangat beragam dan bervariasi, guru PAI di SMP Plus Darussalam Lawang Malang ada yang menggunakan memberikan sesuatu (hadiah), memberikan nilai yang baik pada siswa yang berprestasi dan memandu dalam kegiatan siswa yang berkaitan dengan keagamaan, serta Kendala yang dihadapi guru PAI di SMP Plus Darussalam Lawang Malang dalam upaya memotivasi belajar siswa yaitu: kurang adanya kedekatan antara siswa dan guru, siswa yang kurang minat dengan pelajaran agama islam, pengelola lembaga pendidikan kurang mempunyai komitmen bersama untuk mensukseskan proses belajar mengajar dan juga kurang adanya sarana prasarana yang membantu proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru; Motivasi Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:53 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45067 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |