Suprayogi, Hadi (2009) Upaya peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02110302.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (327kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Kemampuan guru dalam mengajar didalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan merupakan indikator keberhasilan proses belajar mengajar siswa. Agar didalam melaksanakan tugasnya dapat berjalan secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya, untuyk mewujudkan hal tersebut, guru perlu menguasai berbagai hal sebagai bekal kompetensi yang dimilikinya.
Kedudukan guru sebagai tenaga profesional mengandung arti bahwa pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Sedangkan kompetensi guru adalah suatu kemampuan tertentu yang dimiliki guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Guru sebagai tenaga profesional haruslah memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.Tiap- tiap pribadi guru haruslah memahami, memiliki, dan menguasaia, keempat kompetensi dasar tersebut. Barulah guru tersebut dapat dikatakan sebagai sosok guru yang profesional. Namun dalam realitanya masih banyak guru yang belum, atau hanya ditunjang oleh sebagian saja dari keempat kompetensi tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru serta upaya guna meningkatkan kompetensi guru pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Da'watul Khoir Kertosono Nganjuk. Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Sedangkan berdasarkan jenis sumberdata, data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data skunder. Adapun data primer yang diperoleh oleh peneliti adalah dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru, Kepala Yayasan, beberapa siswa MTs Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk, sedangkan data primer diperoleh dari arsip, serta dokumen yang diperoleh peneliti. Adapun Tehnik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tehnik dokumentasi
Berdasarkan hasil penelitian, Kompetensi yang dimiliki oleh guru di Madrasah Tsanawiyah Da'watul Khoir Kertosono Nganjuk, masih kurang. Dikatakan demikian karena, tidak semua guru memiliki latar belakang pendidikan ilmu keguruan. Adapun yang berkaitan dengan guru yang mengajar mata pelajaran PAI, dalam hal kompetensi yang dimiliki masihlah memiliki kekurangan, karena masih ada yang belum memenuhi standart kualifikasi Akademik.
Berdasarkan penelitian, guru-guru di Madrasah Tsanawiyah Da’watul Khoir rata- rata memiliki kekurangan dalam hal kompetensi Pedagogik dan profesi. Upaya yang dilakukan pihak sekolah guna meningkatkan kompetensi guru PAI di Madrasah Tsanawiyah Da'watul Khoir Kertosono, Nganjuk adalah dengan meningkatkan Manajemen dan Pemberdayaan guru. Sedangkan Kendala yang dihadapi dalam upaya peningkatan kompetensi guru, yang paling utama adalah masalah dana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Guru; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:52 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45060 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |