Asdadin, M Yusuf (2006) Pelaksanaan metode Penugasan didalam meningkatkan Efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Wahid Hasyim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
00110217.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (974kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah upaya membelajarkan siswa untuk belajar. Kegiatan ini akan mengakibatkan siswa mempelajari sesuatu dengan cara lebih efektif dan efisien. Pembelajaran yang di laksanakan siswa sangat dipengaruhi oleh kesiapan individu sebagai subyek belajar. Kesiapan belajar adalah kondisi fisik dan psikis yang di gunakan subyek dalam pelaksanaan belajar. Pelaksanaan belajar – mengajar sendiri harus di ikuti dengan alat pembelajaran yang biasa disebut dengan komponen–komponen pembelajaran agar pelaksanaan belajar - mengajar dapat berjalan dengan baik. Bentuk metode dalam pelaksanaan pembelajaran ikut serta didalam menunjang kegiatan belajar – mengajar sehingga menjadikan pembelajaran akan terlihat lebih sempurna. Dari berbagai macam bentuk metode yang telah ada baik itu ceramah, diskusi, karya wisata dan sebagainnya penulis mengambil satu bentuk metode penugasan didalam penulisan tesis ini.
Metode penugasan sendiri menurut Hadari Nawawi adalah pemberian tugas dapat diartikan pula sebagai resitasi /dalam bahasa juga di pakai dalam kegiatan mengajar pada umumnya di sebut juga dengan PR. Metode ini pada hakikatnya adalah menyuruh murid/siswa melakukan suatu pekerjaan yang baik dalam memperdalam dan memperluas pengetahuan, pengertian dan peningkatan iman melalui bidang studi yang di pelajarinnya.
Metode penugasan secara garis besar dapat di definisikan sebagai sebagai suatu bentuk strategi dalam proses belajar mengajar yang di berikan guru kepada murid agar dapat menelaah lebih lanjut tentang pelajarannya secara mendalam dan juga dapat mempertahankan hasil dari tugas tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode penugasan didalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Serta Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui metode penugasan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang ada di SMA Wahid Hasyim Malang
Dalam pelaksanaan kegiatan belajar – mengajar perlu di perhatikan dasar – dasar mengajar (kriteria keefektifan belajar) agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, yang diantaranya sebagai berikut: yang pertama melibatkan siswa secara aktif karena mengajar adalah membimbing kegiatan belajar siswa sehingga mau belajar.”Teaching of iding the pupil to learn”, demikian menurut Burton.
Dengan demikian, aktifitas murid – murid sangat di perlukan dalam kegiatan belajar – mengajar sehingga muridlah yang harus banyak aktif dalam belajar. Pada kenyataannya di sekolah – sekolah sering kali guru yang aktif dalam pembelajaran sehingga kadang – kadang kurang di beri kesempatan untuk aktif. Betapa pentingnya untuk melibatkan murid secara aktif.
Tugas dari seorang guru adalah membangkitkan motivasi anak sehingga mau belajar. Motivasi timbul sebagi pengaruh dri luar dirinya. Motivasi terdiri dari motivasi Intrinsik, yaitu jenis motivasi ini timbul sebagai akibat dari pengaruh dalam diri individu sendiri tanpa adanya pengaruh dari orang lain, jenis motivasi ekstrinsik, yaitu jenis motivasi yang timbul sebagai pengaruh dari luar individu apakah karena ajakan, paksaan, suruhan dari orang lain sehingga dengan kondisi demikian ia melakukan sesuatu atau belajar.
Belajar yang efektif harus memulai dengan pengalaman langsung atau pengalaman kongkrit dan menuju kepada pengalaman yang lebih abstrak. Belajar akan lebih efektif jika di bantu alat peraga pelajaran.
Selanjutnya bentuk permasalahan yang timbul dalam penulisan ini adalah bagaimanakah pelaksanaan metode penugasan didalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di SMA Wahid hasyim Malang, kemudian apakah dengan menggunakan metode Penugasan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran di SMA Wahid Hasyim Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah bentuk kualitatif, bentuk analisis data bertujuan menyederhanakan data kedalam bentuk yang lebih mudah agar dapat dibaca atau di impretasikan, dan di dalam teknik penyajian pengumpulan data menggunakan data angket, bentuk data Interview, serta teknik penyajian data menggunakan rumus prosentase.
Berdasarkan pada data yang telah di analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas didalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di SMA Wahid Hasyim malang menunjukkan 90% menyatakan penugasan merupakan metode yang efektif, selebihnya 10% siswa menyatakan kurang efektif. Dari hasil analisis dapat dilihat dari pengetahuan yang di terima anak lebih lengkap, keaktifan siswa dalam mempelajari sendiri suatu masalah dengan membaca sendiri, mengerjakan soal – soal sendiri, mencoba mempraktekkan pengetahuanya, serta siswa menjadi lebih aktif dan rajin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Penugasan; Efektivitas Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:52 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45059 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |